Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kingdom Tayang Perdana Hari Ini

Kompas.com - 25/01/2019, 17:26 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Jumat (25/1/2019) Netflix meluncurkan serial orisinalnya yang pertama dari Korea Selatan, Kingdom. Menghadirkan Ju Ji-hoon dan Bae Doona sebagai pemeran utama, Kingdom mengisahkan tentang sebuah kerajaan di zaman dinasti Joseon yang dipenuhi oleh korupsi, keserakahan, dan kelaparan.

Dinasti Joseon sendiri merupakan salah satu dinasti Korea yang berlangsung sekitar lima abad sejak 1392.

Cerita berawal dari rumor mengenai kematian sang raja akibat wabah aneh yang membuat orang yang terinfeksi menjadi tidak bisa mati dan lapar akan daging, atau sebutan lainnya adalah zombie.

Baca juga: Netflix Peringatkan Penonton untuk Tidak Menyakiti Diri Sendiri karena Bird Box Challenge

Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-hoon) yang menjadi korban konspirasi akhirnya memulai perjalanan untuk mengungkap kejahatan di balik wabah tersebut dan menyelamatkan rakyatnya.

Tidak hanya diperankan oleh aktor dan aktris Korea yang sudah dikenal di berbagai belahan dunia, Kingdom juga merupakan sebuah kolaborasi dari sutradara dan penulis cerita terbaik Korea, Kim Seong-hun dan Kim Eun-hee.

"Kami menyatukan cerita tentang zombie sebagai makhluk yang mengerikan dengan keanggunan latar dinasti Joseon. Kami berharap dua aspek yang kontras ini menjadi salah satu kekuatan estetika dalam Kingdom," jelas sutradara Kim Seong-hun.

Terbagi menjadi enam episode di season 1, berikut fakta-fakta menarik di balik serial orisinal Netflix Kingdom:

Proses produksi yang penuh tantangan

Sebagai serial kolosal yang mengambil latar di era dinasti Joseon, sutradara dan para kru Kingdom memiliki tantangan tersendiri untuk ‘menghidupkan kembali’ era dinasti Joseon ke dalam adegan-adegan Kingdom.

Mulai dari kostum, bangunan, hingga dialog yang dipakai, semuanya melalui proses kajian sejarah yang panjang serta persiapan yang rumit. Salah satu adegan di episode 4 Kingdom bahkan melibatkan 1.300 aktor dan kru yang syuting di malam hari di musim dingin.

Bukan tentang cinta

Berbeda dari serial dan film Korea lainnya yang sering kali memasukkan unsur drama percintaan dalam cerita, Kingdom tidak menyisakan ruang untuk hal tersebut.

"Saya ingin berfokus pada cerita mengenai kelaparan. Di era dinasti Joseon, banyak orang yang menderita kelaparan, namun rezim yang berkuasa tetap menyiksa mereka dengan memungut pajak atas hasil tani mereka. Saya rasa zombie sangat tepat untuk menggambarkan rasa lapar yang menyedihkan karena indera yang tersisa dalam diri mereka hanyalah nafsu untuk makan," jelas penulis cerita Kingdom Kim Eun-hee.

Baca juga: Tontonan Netflix Bisa Dipamerkan di Instagram Stories, Begini Caranya

Tangan-tangan profesional di balik zombie yang menakutkan

Melalui Kingdom, Kim Eun-hee ingin menampilkan emosi kesedihan ketika rakyat miskin berubah menjadi zombie akibat wabah yang misterius. Oleh sebab itu, tampilan zombie dalam Kingdom dibuat dengan menakutkan sekaligus menyisakan pertanyaan bagi orang-orang yang pertama melihatnya: apakah mereka pasien yang terjangkit wabah? Atau zombie?

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com