Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perjuangan Hidup Taufiq Kiemas Diangkat ke Layar Lebar

Kompas.com - 01/02/2019, 18:59 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah perjuangan hidup politisi mendiang Taufiq Kiemas dibuatkan film dengan judul Taufiq: Lelaki yang Menantang Badai.

Film yang digarap oleh rumah produksi kolektif MAX Pictures bekerja sama dengan Royal Pictures dan Matta Cinema itu disutradarai dan skenarionya ditulis oleh Ismail Basbeth.

"Ini film drama yang mengangkat perjuangan hidup seorang anak manusia sehingga menjadi negarawan," ujar Ismail dalam jumpa persi di Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat (1/2/2019).

Ismail berujar, tantangan terbesar dalam menggarap film ini adalah tidak hanya tokoh besar Taufiq, melainkan periodik yang diangkat.

Baca juga: Film Perjuangan Ketua MPR Taufiq Kiemas Tayang Maret 2019

"Tantangan tidak hanya tokoh yang ada, tapi juga periodik waktu dari 1960 hingga 1970-an awal. Makanya film ini menjadi mahal. Jadi di era sebelumnya kami membangun setnya," kata Ismail.

Ismail mengerti jika nantinya film ini akan dipandang secara politis. Namun, Ismail berkeyakinan bahwa film ini sebenarnya mengangkat sebuah kisah inspiratif.

"Memastikan film yang berat, menjadi yang ringan, enak disantap dan tetap bermartabat. Ini film remaja, bukan film dewasa," kata dia.

Dalam film ini, artis peran Achmad Megantara didapuk memerankan karakter Taufik. Selain itu film ini juga diperankan oleh Aghniny Haque, Brandon Salim, Ben Kasyafani, Imelda Therinne, Ray Sahetapy, dan pemain lainnya.

Rencananya film ini akan tayang di layar bioskop Tanah Air pada 14 Maret 2019.

Baca juga: Munir, Marsinah, hingga Taufiq Kiemas Raih Penghargaan Pejuang Kemanusiaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com