Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brad Pitt dan Puluhan Sineas Hollywood Layangkan Surat Protes ke Academy Awards

Kompas.com - 16/02/2019, 18:09 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Variety

KOMPAS.com - Sejumlah aktor dan sutradara kawakan Hollywood melakukan protes ke pihak Academy Awards. Brad Pitt, George Clooney, Robert De Niro, Sandra Bullock, Christopher Nolan, Guillermo del Toro, dan Alfonso Cuarón menandatangani surat terbuka yang mengecam keputusan pihak Acedemy untuk tidak menyiarkan empat nominasi.

Surat itu kali pertama diposting pada Rabu (13/2/2019) malam dengan lebih dari 40 sinematografer dan sutradara terkenal, termasuk Spike Lee, Quentin Tarantino, dan Roger Deakins, menentang keputusan Academy of Motion Picture Arts and Sciences’ itu.

Empat kategori penghargaan tersebut, yakni best cinematography, best editing, best hair & makeup, dan best live action short. Kategori-kategori ini rencananya disajikan dalam siaran tunda dan akan diedit ke tayangan Oscar 2019 pada 24 Februari dengan alasan untuk mempersingkat durasi acara.

Baca juga: Format Baru, Oscar 2019 Dihelat Tanpa Host

Aktor pemenang Oscar Brad Bird, Jeff Bridges, Emma Stone, Alejandro G Inarritu, Joel Coen, Ron Howard, Paul Giamatti, Spike Jonze, Alexander Payne, Kate Winslet, dan lainnya ikut membubuhkan tanda tangan mereka.

"Ketika pengakuan dari mereka yang bertanggung jawab atas penciptaan sinema yang luar biasa dikurangi oleh institusi yang tujuannya untuk melindunginya mereka, maka kami tidak lagi menjunjung tinggi semangat janji Academy untuk merayakan film sebagai bentuk seni kolaboratif," demikian penggalan surat itu.

Sineas lainnya yang ikut dalam surat protes itu adalah sutradara pemenang Oscar Damien Chazelle, Ang Lee, dan Martin Scorsese, serta sinematografer Deakins, Caleb Deschanel, Janusz Kaminski, Emmanuel Lubezki, Reed Morano, Robert Richardson, Vittorio Storaro, dan John Toll.

"Ini tidak lain merupakan penghinaan bagi kami yang telah mengabdikan hidup dan hasrat kami pada profesi pilihan kami," bunyi surat itu.

Baca juga: Dwayne Johnson Jelaskan Alasan Batal Jadi Pemandu Acara Oscar 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com