Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Pop Punya Rumus untuk Bikin Lagu

Kompas.com - 31/03/2019, 10:43 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik Project Pop dikenal dengan lirik-lirik lagunya yang jenaka oleh para penggemarnya. Grup musik ini beranggotakan Udjo, Yosi, Odie, Tika, dan Gugum.

Sejak berdiri pada tahun 1996 lalu, grup musik asal Bandung ini telah sukses menelurkan banyak lagu bertema komedi yang ikonik, seperti "Metal vs Dugem", "Pacarku Superstar", dan "Bau Bau Bau".

Lagu-lagu tersebut tak lahir begitu saja. Ada rumus yang diterapkan agar bisa membuat sebuah lagu komedi yang berkualitas.

"Tapi memang ya rumusnya untuk membuat lagu enak itu adalah, satu, musiknya enak secara melodi, kedua, liriknya 'gue banget' kalau kata orang-orang," ucap Tika Pangabean saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut Tika, hampir setiap musisi dan grup band melakukan hal serupa. Namun masing-masing memberi perlakuan berbeda bergantung pada gaya musik mereka.

"Contohnya kayak Dewa 19, Yovie Widianto, mereka punya formula yang tepat dalam membuat lagu," ucap Tika.

Baca juga: Jadwal Project Pop Senggang, Tika dan Udjo Ambil Tawaran Penyiar Radio

Meski demikian, Project Pop tak menerapkan konsep tertentu saat membuat lagu, mereka coba biarkan itu mengalir saja. Apalagi, lagu-lagu mereka adalah lagu komedi yang harus luwes.

"Sebenarnya kami enggak mematok tema yang gimana-gimana sih, misalnya kata kane yang kebalikan dari enak, itu kan kekinian cuma kalau enggak buru-buru kan bisa jadi basi," ucap Udjo saat ditemui di lokasi yang sama.

Udjo menambahkan Project Pop memberi kebebasan kepada personelnya untuk membuat lagu.

Baca juga: Project Pop: Kami Bukan Grup Musik Parodi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com