Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asri Welas Dukung Kegiatan Amal Penanganan Katarak Kongenital

Kompas.com - 04/04/2019, 12:30 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Asri Welas mengajak masyarakat untuk peduli terhadap bahaya dari penyakit katarak kongenital yang menyerang anak.

Kepedulian Asri berangkat dari pengalamannya saat anak keduanya, Rayyan Gibran Ridharaharja atau Ibran, mengidap penyakit tersebut di usia tiga bulan.

Karena itu, Asri mendukung kegiatan amal yang dilakukan oleh PT Optik Tunggal Sempurna yang membagikan 90 kacamata khusus kepada penderita katarak kongenital di seluruh Indonesia.

"Sejak merasakan proses yang dilalui oleh Ibran, saya sangat concern mendukung kegiatan penanganan katarak kongenital," kata Asri melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Asri Welas Harus ke Jerman untuk Cari Jawaban soal Mata Anaknya

"Saya terima kasih kepada Optik Tunggal yang sejak awal menyediakan kacamata khusus kepada Ibran," sambung dia.

Chairman Optik Tunggal Sempurna Alexander F Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan sosial yang dilangsungkan dalam rangka HUT ke-90 Optik Tunggal ini terinspirasi dari pemberitaan soal Ibran yang terlahir dengan katarak kongenital.

Setelah melakukan operasi katarak di kedua matanya, Ibran membutuhkan kacamata khusus untuk kesehariannya yang dapat membantu berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya.

Alex berujar, sejauh ini sudah ada 59 anak yang datanya masuk untuk mendapatkan kacamata tersebut. Lensa bernama Zeiss Lens tersebut dibuat langsung di Jerman.

"Masa golden age anak itu jangan sampai terlewat karena panca indera atau alat komunikasi yang tidak bisa digunakan," kata Alex.

Sebagai informasi, katarak kongential adalah kekeruhan lensa mata yang terjadi sejak lahir yang disebabkan berbagai faktor, apabila tidak segera ditangani akan sangat berbahaya karena merupakan penyebab utama timbulnya kebutaan pada anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com