Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Selebritas yang Ternyata Juga Diketahui sebagai Penemu

Kompas.com - 04/04/2019, 18:07 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keingintahuan merupakan sifat dasar manusia. Oleh karena itu, manusia selalu berinovasi untuk menghasilkan penemuan baru.

Sejak 1790-an, lebih dari delapan juta paten penemuan dikeluarkan di Amerika Serikat. Beberapa di antaranya telah diberikan dan didedikasikan kepada penemu hebat sebagai wujud apresiasi.

Thomas Alva Edison bahkan menerima lebih dari 1.000 hak paten terkait penemuannya.

Namun, ternyata ada juga kisah menarik sejumlah "public figure" dalam mendapatkan hak patennya. Selain bekerja sebagai artis, dia juga merupakan penemu. Berikut ulasannya:

1. Michael Jackson

Salah satu gaya Michael Jacksonmnn Salah satu gaya Michael Jackson
Dalam sebuah lagu yang muncul pada 1987 berjudul "Smoth Criminal", Michael Jackson mencondongkan tubuh ke depan dengan sudut menantang gravitasi yang tak biasa dilakukan orang banyak.

Seakan-akan Jackson terlihat miring dan membuatnya akan jatuh. Namun, ternyata cara ini dilakukannya dengan menghubungkan tali pengikat di pinggangnya.

Dalam menggunakan ini, MJ tak bisa melakukan ini di atas panggung, karena itu harus membutuhkan seseorang yang mengaitkan dan melepaskan.

Ternyata MJ melakukannya dengan menghubungkan tali pengikat yang dikenakan di pinggangnya. Namun, dia tidak bisa melakukan ini di atas panggung secara langsung, karena itu harus membutuhkan seseorang yang mengaitkan dan melepaskan.

Jackson mematenkan metode ini dengan Michael Bush dan Dennis Tompkins pada 1993.

Baca juga: Hari Ini 9 Tahun Lalu, Raja Pop Dunia Michael Jackson Meninggal Dunia

2. Florence Lawrence

Lawrence merupakan bintang film pertama. Dia mulai memainkan film pada 1906 dan segera bergabung dengan Biograph Studios dengan sutradara DW Griffith.

Walaupun film ini tak populer, namun Lawrence tetap mendapatkan pujian. Lawrence menjadi favorit penonton dan mendapatkan banyak julukan dari beberapa pendukungnya.

Karena dia seorang aktris yang begitu sukses, Lawrence dapat membeli mobilnya sendiri. Hal itu sangat jarang karena pada awal abad ke-20, mobil masih menjadi barang mewah.

Pada 1914, ia berhasil mengembangkan sinyal pada mobilnya. Sinyal ini bisa dikatakan otomatis. Cara kerjanya adalah berdasarkan naik atau turunnya listrik otomatis yang didesain sebagai tanda ketika mobil mau belok dan berhenti.

Setelah itu, Lawrence menemukan sinyal rem yang belum sempurna yang bekerja dengan prinsip yang sama. Cara kerjanya, ketika pengemudi menekan rem, maka akan muncul tanda dari belakang mobil yang menandakan mobil itu berhenti karena rem.

Sampai hari ini, setiap mobil mempunyai sinyal belok dan lampu otomatis. Namun karena Lawrence tak mematenkan penemuannya, dia tak mendapatkan pengakuan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com