Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GHO$$ Jadi Band Pertama yang Tampil di Super Entertainment Uncommon Project

Kompas.com - 05/05/2019, 14:28 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lama tak terdengar, band trip hop GHO$$ rupanya tengah serius menggarap konten musik dan penampilan mereka di ranah digital serta bersiap membuat gebrakan baru.

Band yang lahir dari kompetisi band rock Supermusic Rockin Battle pada 2017 lalu merasa yakin masa depan mereka di industri musik ada di dunia digital. Mereka pun tampil di episode perdana sebuah project digital content bertajuk Super Entertainment Uncommon Project (SETUP).

GHO$$ yang menjadi juara pertama di kompetisi Supermusic Rockin Battle menawarkan karakter dan genre music yang berbeda dibanding dua pemenang lainnya yaitu Meet After The Storm (M.A.T.S) band electro rock asal Palembang dan Killa The Phia band metal asal Aceh.

Mengusung genre trip hop, mereka mencampurkan unsur hip hop dan jazz dengan rock. Karakter musik mereka yang cenderung gelap dan kelam namun enerjik juga menjadi pembeda yang signifikan di skena musik rock.

Baca juga: Masih Sore, GHO$$ Sudah Hipnosis Penonton Hodgepodge Superfest 2018

Meski begitu, popularitas dan modal kuat sebagai juara, tak serta merta membuat band asal Jakarta ini buru-buru memanfaatkan momentum untuk menggarap pasar.

Bisa dibilang hampir dua tahun lamanya Diegoshefa (vokal), Fadhi Perdana (gitar), Diego Aditya (gitar), dan Dhemo Ap (bas) berada di luar radar di industri musik nasional.

Usai sempat merilis mini album ‘The Blackest White Out’, kini GHO$$ tengah mempersiapkan full album debut.

"Jadi sebenarnya dari akhir tahun kemarin sampai tahun ini GHO$$  lagi rekaman. Kita sudah mengumpulkan 17 lagu dan sedang proses 7 lagu tambahan untuk opsi full album yang rencana rilis tahun ini," kata Diegoshefa usai performance GHO$$ di SETUP yang bertempat di Rossi Musik, Jakarta Selatan, Jumat (3/4/2019).

Penampilan di SETUP, menurut Diegoshefa, merupakan bagian dari strategi mereka dalam berkarya dan menggarap pasar musik GHO$$. Selain target meluncurkan full album, mereka juga secara serius membuat konten musik yang dipublikasikan secara digital.

Ranah digital, menurut Diegoshefa, memungkinkan band yang bernaung dalam manajemen artis Megapro Communications ini untuk menampilkan karya yang ideal dan sesuai dengan warna musik mereka selama ini.

Baca juga: Penampilan GHO$$ Dapat Perhatian dari Teknisi Sound Dream Theater

Super Entertainment Uncommon Project atau SETUP merupakan sebuah platform digital music video content baru yang akan tayang di kanal Youtube Supermusic. Meski dirancang untuk kebutuhan digital content, SETUP tetap berkonsep gigs yang dipenuhi audiens dan fans musik.

Pemilihan tempat di Rossi Musik pada edisi perdana ini juga dirasa sesuai dengan skena musik GHO$$ yang sebelumnya banyak berada di ranah indie. Venue SETUP pada episode-episode berikutnya akan berbeda-beda menyesuaikan dengan konsep setiap band.

"Gue harap perfomance GHO$$ di project SETUP ini akan jadi surprise buat banyak orang yang udah sering banget nanyain kita. Ini merupakan pembuktian bahwa GHO$$ tuh artsy dan akan selalu membuat terobosan di sisi musikalitas dan performace," ujar Diegoshefa.

Di SETUP edisi perdana, GHO$$ memainkan sejumlah lagu, termasuk hit mereka "Care.Le$$". Namun, sebagaimana ciri khas GHO$$, mereka pun tampil dengan repertoar yang tidak biasa. Permainan tata cahaya dan juga visual grafis di panggung menjadi nuansa ikut memperkuat karakter dark rock mereka.

Diakui Diegoshefa, tidak mudah mengonsepkan aksi panggung untuk band seperti GHO$$ yang mengusung musik trip hop, genre yang memadukan unsur hip hop dan jazz dengan rockatau dream pop.

"Tapi justru ini tantangannya. Kami akan terus menghasilkan karya musik dan performance yang tidak biasa. Sesuai seperti nama SETUP, Super Entertainment Uncommon Project,” ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com