Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Panasdalam Bank Usung Kisah Reformasi untuk "Mulailah Berani"

Kompas.com - 13/05/2019, 17:04 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akan dirilisnya film mereka yang berjudul Koboy Kampus dalam waktu dekat ini, band asal Kota Bandung di bawah asuhan Pidi Baiq, The Panasdalam Bank, baru saja meluncurkan singel terbaru mereka yang diberi judul "Mulailah Berani".

Lagu The Panasdalam Bank kali ini mengusung cerita terkait reformasi di Indonesia yang diambil dari kisah kerusuhan Mei yang terjadi di Indonesia tahun 1998 silam.

Dikemas menjadi sebuah lagu yang unik khas The Panasdalam Bank seperti biasanya, lagu mereka kali ini mengandung pesan moral yang disampaikan melalui deretan liriknya.

"Pesan yang ingin disampaikan oleh Pidi Baiq sang penulis lagu adalah untuk mengajak orang-orang menjadi lebih berani dalam menyuarakan pendapat agar pemerintah dapat melihat bahwa rakyat memiliki aspirasi dan juga kekuatan, yang dapat sangat berpengaruh pada perubahan," tulis label rekaman Warner Music Indonesia dalam email yang dikirimnya.

Baca juga: The Panasdalam Bank Ungkap Kegelisahan Mahasiswa Lewat Lagu

Seperti halnya lagu-lagu The Panasdalam Bank lainnya, lagu "Mulailah Berani" juga dihiasi dengan lirik-lirik sederhana ditambah dengan alunan musik yang membuat lagu ini mudah diingat dan dinikmati oleh para pendengarnya.

Tak heran, lagu ini turut dijadikan salah satu soundtrack pengisi film Koboy Kampus nanti.

Film Koboy Kampus menceritakan sejarah terbentuknya The Panasdalam Bank serta kehidupan mahasiswa pada zaman itu, termasuk juga berbagai konflik serta drama percintaan yang mereka alami.

Dalam waktu dekat, film ini akan dapat disaksikan oleh pecinta film dalam negeri di bioskop-bioskop di Indonesia.

Baca juga: The Panasdalam Bank Luncurkan Album Soundtrack Dilan 1991

Mempertahankan ciri khas mereka yang tidak hanya menghibur lewat nada-nada yang mudah didengar dan diterima tapi juga mengandung pesan yang disuratkan melalui lirik-lirik yang mengena bagi pendengarnya.

Lagu "Mulailah Berani" menjadi sebuah pembuka yang manis yang dapat dinikmati oleh para pendengar sambil menunggu dirilisnya filem Koboy Kampus nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com