Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musisi Pukul Kumpul Galang Dana

Kompas.com - 28/05/2019, 19:28 WIB
Jodhi Yudono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com--"Kumpul Pikul Pukul" adalah sebuah event sosial yang digagas oleh para musisi pukul yang terdiri para perkusionis muda yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan. Kali ini, acara tersebut diadakan pada Sabtu, 25 Mei 2019 di Join Kopi, Bulungan, Jakarta Selatan.

Berbeda dengan Kumpul Pikul Pukul #1 tahun lalu yg hasil donasi diberikan kepada komunitas anak jalanan, kali ini pemberian donasi ditujukan lebih ke personal.

Mengusung tema "Berbagi Bunyi", di tahun kedua ini Kelompok Tabuh Perkusi sukses mengumpulkan sejumlah uang, yang hasilnya di donasikan untuk pemain Bonang Penerus bernama Pak Talim.

Pak Talim merupakan pengrawit senior yang tergabung dalam Sanggar Redi Waluyo. Kini usia beliau sudah 70 tahun, lebih dari separuh hidupnya beliau mengabdi terhadap seni Perkusi. Di usianya yang sudah tidak muda lagi, beliau juga masih mengajar karawitan di sanggar tersebut.

Kumpul Pikul Pukul juga merupakan ajang silaturahmi bagi para pemain perkusi di tanah air. Tahun ini, performer yang tampil sangat bervariatif.

Ini membuktikan bahwa seni perkusi sangatlah luas dan bisa digabungkan dengan berbagai instrumen. Beberapa performer yang tampil di antaranya Azka Rindra (kids drummer), Horjabius, Raksasa Perkusi, Endang Ramdan & Cucu Zbet, Mahagenta, Hendrikus, Jalu G.Pratidina, Jakarta Darbuka Club, Kresipah, Retum Ensamble, Boy Beat, ID Bekasi, The Couple Percussion, Jeffri Dayak Feat Ipin Noh dan juga ada klinik kendang oleh Kendangers Bandung.

Kelompok Tabuh Perkusi berharap dengan diadakan acara ini, bisa mengapresiasi dan  membantu pemain perkusi lainnya yang sudah tidak produktif. Selain itu bisa sekaligus mengenalkan kesenian perkusi kepada masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com