Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jay-Z, dari Pengedar Narkoba Kini Jadi Miliarder Hip Hop Pertama

Kompas.com - 04/06/2019, 08:16 WIB
Kistyarini

Editor

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Artis hip hop Jay-Z pernah mengatakan dalam salah satu rapnya, "Saya bukan pebisnis, saya adalah bisnis".

Ternyata ia tidak hanya omong besar. Pria bernama asli Shawn Corey Carter itu telah omongannya.

Jay-Z bukan sekadar artis musik, tetapi dia juga fashion trendsetter, raja layanan streaming musik, serta pemilik manajemen olahraga.

Menurut Forbes, semua itu menjadikan suami Beyonce itu seorang miliarder. Forbes menyatakan Jay-Z adalah miliarder pertama di dunia hip hop.

Jay-Z tercatat memiliki saham senilai 70 juta dollar AS atau sekitar Rp 985 miliar di Uber. Koleksi seninya ditaksir bernilai 70 juta dollar AS). Sementara itu properti dan katalog musiknya diperkirakan bernilai 50 juta dollar AS (Rp 703 miliar).

Selain itu ia memiliki bisnis antara lain layanan streaming musik Tidal serta Roc Nation, sebuah perusahaan manajemen olahraga.

Perjalanan hidup pria yang sering disebut Mr Beyonce Knowles itu sangat mengesankan. Ia besar di sebuah lingkungan yang keras. Ia pernah menjadi pengedar narkotika.

Ia kemudian meniti karier di dunia musik sampai berhasil mendirikan label sendiri, Roc-A-Fella Records, untuk merilis album debutnya pada 1996, Reasonable Doubt.

Pencapaiannya di bidang musik pun tak terbendung. Ia memiliki 14 album yang berhasil menduduki peringkat 1 Billboard 200 serta 22 Grammy Awards.

Alih-alih mempromosikan produk orang lain, Jay-Z memilih untuk membangun merek sendiri.

Ia mendirikan lini busana Rocawear pada 1999. Namun ia menjualnya ke Iconix pada 2007 sebesar 204 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,87 triliun.

Baca juga: Beyonce dan Jay-Z Rilis Album Kolaborasi

Menurut orang dekatnya, Kasseem Dean atau yang lebih dikenal sebagai Swizz Beatz, Jay-Z adalah sosok yang bisa diteladani.

"Dia bukan sekadar hip hop, tetapi cetak biru bagi generasi kita," kata produser musik yang menggarap sejumlah lagu hits Jay-Z itu.

"Penampilan Jay-Z seperti kita, ia berbicara seperti kita, mencintai kita. Tetapi ia berhasil mewujudkan sesuatu yang selama ini kita anggap di atas kita," kata Swizz Beats.

"Kalau dia sekarang menjadi seorang miliuner, bayangkan bagaimana dia nanti. Sebab, sekarang dia baru mulai," lanjut suami Alicia Keys itu.

Baca juga: Beyonce dan Jay-Z Beri Tiket Konser Gratis Seumur Hidup untuk Penggemar yang Vegetarian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com