Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Legendaris Franco Zeffirelli Meninggal Dunia

Kompas.com - 16/06/2019, 10:11 WIB
Kistyarini

Editor

Sumber CNN

KOMPAS.com - Sutradara legendari Franco Zeffirelli meninggal dunia di usia 96, Sabtu (15/6/2019).

Menurut keterangan resmi dari Franco Zeffirelli Foundation, sutradara asal Italia tersebut meninggal setelah mengalami sakit yang cukup lama.

Juru bicara yayasan tersebut mengungkap kepada CNN bahwa Zeffirelli mengembuskan napas terakhir di Roma dua minggu setelah terkena pneumonia.

"Dia sudah cukup lama menderita sakit, tetapi dia meninggal dalam keadaan tenang di rumah," kata putranya, Luciano, kepada CBS News.

Jenazah Zeffirelli akan disemayamkan di Campidoglio di Roma, Senin (17/6/2019). Keluarga memberi kesempatan publik untuk memberi penghormatan terakhir.

Zeffirelli dilahirkan di Florence pada 1923. Ibunya sebenarnya ingin memberinya nama Zeffiretti, seperti opera Mozart. Namun namanya tertulis salah di akta kelahiran, menjadi Zeffirelli.

Salah satu filmnya yang paling terkenal, Romeo and Juliet (1968), yang merupakan adaptasi dari drama karya Shakespeare, membuahkan nominasi Oscar.

Selain dikenal sebagai sutradara baik film layar lebar, opera, maupun teater, Zeffirelli ternyata aktif di dunia politik.

Ia pernah menjadi senator di Partai Forza Italia yang ketika itu dipimpin Silvio Berlusconi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com