Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kusumo Laras Muda, Musik Karawitan dari Kaum Muda

Kompas.com - 24/06/2019, 16:20 WIB
Ati Kamil

Penulis

SOLO, KOMPAS.com -- Klenengan Selasa Legen, yang sudah disajikan di Balai Soedjatmoko Solo sejak 2009, merupakan ajang bagi grup-grup karawitan dengan musik mereka berekspresi, menghibur, dan bergaul.

Panggung acara tersebut kali ini, Senin (24/6/2019), akan diisi oleh kelompok Karawitan dari Solo yang bernama Kusumo Laras Muda.

Baca juga: Giliran Band-band dari Jalur Indie Tampil di Balai Soedjatmoko Solo

Grup tersebut dibentuk pada 2008.

Kelahiran grup itu berawal dari kebiasaan orang-orang muda berkumpul untuk melantunkan tembang-tembang dan bermain gamelan tiap Selasa malam di kelurahan Joyosuran, kecamatan Kusumodilagan, Solo.

Kini kelompok tersebut sudah membuahkan generasi kedua.

Mereka adalah Taufik Wahyu Suryana, Muta'afif Haryo Widyantoro, Kukuh Hardiyanto, Anggraini Putri Hardianti, Novia Jihan Jianti, Wisnu Prasetyo, Nazla Fitri Al-Zahra, Rahmad Agung Setianto, Dara Mahesa Putri Ramadani, Bayu Aji Prasetya, Armando Adi Yudha, Yogi Adi Saputro, Cannavaro Vieryanto, Yohanes Ervin, Dwi Sakti Okta Saputro, Samuel Agustinus Dwi Kristanto, Gus Wahyu Indah Parianom, Cheelsy Arsa Fiesta, dan Denia Hasya Surya Wibawani.

Baca juga: Keroncong Bale di Balai Soedjatmoko Solo Pentaskan Orkes Keroncong Puspa Arum

Generasi pertama Kusumo Laras Muda sudah jarang ambil bagian karena kegiatan utama mereka, yaitu belajar di luar kota atau bekerja.

Regenerasi dilakukan oleh pemimpin kelompok tersebut, Gunawan, dan dua pelatih gamelan, Kadar dan Wandi.

Kusumo Laras Muda menghibur dari tingkat kelurahan hingga ke tingkat kota, dari acara sunatan dan pernikahan hingga acara hari ulang tahun Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com