Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mary Pickford, Perempuan Pertama yang Dikontrak Hollywood 1 Juta Dollar AS

Kompas.com - 24/06/2019, 17:00 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia hiburan memang kerap menyimpan kisah menarik. Gaya hidup pelaku dunia hiburan yang glamor serta bayaran yang tinggi membuat banyak orang yang berharap kesuksesan di dunia entertainment.

Kekayaan dan bergelimang harta menjadi bagian tak terpisahkan bagi artis yang meniti karier di jagad selebritas.

Perjalanan untuk sukses di dunia hiburan tentu tak instan, dan melalui jalan yang berliku. Tak mudah untuk menjalin kontrak dengan perusahaan untuk bisa berkarier di dunia ini.

Hal ini juga yang dialami Mary Pickford, perempuan Kanada yang berkecimpung di Hollywood. Dia berhasil mencatatatkan namanya dalam sejarah karena nilai kontrak yang dinilai sangat besar.

Dilansir dari BBC News, dia menandatangani kontrak dengan Adolph Zukor yang merupakan pendiri Paramount Pictures pada 24 Juni 1916.

Kontrak senilai 1 juta dollar AS telah disejutui dan menjadikan Pickford sebagai aktris perempuan  pertama yang berhasil dikontrak 1 juta dollar AS. Kontrak fenomenal ini bukan hanya membuatnya sebagai artis peran, tapi juga sebagai produser.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pilot Perempuan Pertama Terbang dari Inggris ke Australia

Sejak kecil

Mary Pickford terlahir dengan nama Gladys Louise Smith di Toronto, Kanada pada 1892. Dia merupakan anak seorang imigran dari Inggris dan ibunya merupakan seorang penjahit.

Ketika memasuki usia 7 tahun, dia ikut teater kecil dan menunjukkan bakatnya. Mary kecil ikut dalam banyak drama dan memainkan peran utama dalam setiap pertunjukan.

Genap di usia 8 tahun, dia menjadi aktris cilik yang begitu terkenal. Namanya kian terkenal karena mengikuti tur ke beberapa kota untuk drama.

Pada 1908 Mary Pickford mulai masuk ke dunia film. Tak lama setelah itu, dia mulai melakukan promosi film dan berkeliling ke bioskop-bioskop.

Pickford menarik perhatian sutradara film seperti DW Griffith. Dia menawarkan bayaran 5 dollar sehari untuk bekerja di perusahaan produksi yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Sampai 1909, Mary membuat 51 film bersama Griffith. Film-film yang beredar pada awal 1900-an berbeda dengan saat ini, yakni hanya film bisu berwarna hitam putih dan berdurasi 15 hingga 20 menit.

Selama beberapa tahun berikutnya, Mary terus membuat film. Di depan kamera, dia memainkan segalanya dari pelayan hingga putri.

Baca juga: Kisah Perempuan AS Berhasil Kunjungi Seluruh Negara di Dunia dalam 18 Bulan

Kesuksesan

Kariernya semakin cemerlang dan pada 1914 dia menjadi aktris dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat. Ketika itu dia menerima gaji sekitar 1.000 dollar per minggu.

Puncak dari kariernya terjadi pada 1916, ketika menandatangi kontrak bombastis. Kontrak tersebut berkisar 1.040.000 dollar AS selama dua tahun. Dia juga menerima imbalan lain untuk membuat enam film dan menerima 50 persen dari keuntungan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com