Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Pinurbo, Ahmad Tohari, dan Vika Wisnu Berbagi Cerita Menulis di "Cerpenis Berbagi"

Kompas.com - 28/06/2019, 18:00 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penulis ternama Tanah Air, seperti Joko Pinurbo, Ahmad Tohari, dan Vika Wisnu menjadi pembicara dalam acara Kesaksian! "Cerpenis Berbagi" di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2019).

Kehadiran mereka untuk berbagi kepada para penikmat sastra agar bisa mengasah ketajaman dalam menulis sebuah cerpen dan karya sastra lainnya.

Acara Kesaksian! "Cerpenis Berbagi", merupakan rangkaian acara Malam Jamuan Cerpen Kompas 2019 yang dibuat untuk memeriahkan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-54 Kompas.

Joko Pinurbo mengatakan, acara ini terasa penting bagi mereka yang suka menikmati sebuah tulisan dalam dunianya sendiri.

Baca juga: Jamuan Cerpen Kompas, Ajang Apresiasi Cerpenis Empat Generasi

"Saya rasa acara semacam ini penting, karena bisa melatih dan memperkaya antara kita para penikmat sastra dan bisa lebih semangat dalam menulis," ucap Joko Pinurbo di lokasi acara.

Ahmad Tohari juga mengungkapkan hal yang tak jauh berbeda, penulis novel Ronggeng Dukuh Paruk ini mengatakan, acara Kesaksian! "Cerpenis Berbagi" itu diperlukan baik bagi para pengisi acara maupun para peserta yang hadir.

"Dalam proses belajar dan melatih atas suatu hal, maka sesi berbagi menjadi amat penting, termasuk dalam sastra ini. Saya sebagai penulis juga perlu berbagi, begitu juga sebaliknya," ucap Ahmad Tohari.

Selain itu, acara keakraban dengan para penulis ini juga akan dilanjutkan dalam acara Malam Jamuan Cerpen di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2019) malam.

Malam Jamuan Cerpen yang akan digelar pada pukul 18.00 sampai 22.00 WIB akan dihadiri oleh 23 cerpenis yang karyanya turut dibukukan dalam Buku Cerpen Pilihan Kompas 2018 antara lain : Putu Wijaya, Budi Darma, Martin Aleida, Ahimsa Marga (Maria Hartiningsih), dan masih banyak lagi.

Malam Jamuan Cerpen juga akan dimeriahkan oleh pemusik Adrian Yunan, eks personel Efek Rumah Kaca.

Baca juga: Kasur Tanah Terpilih Jadi Cerpen Terbaik Kompas 2017

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com