Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilkan Keindahan Alam, Gho$$ Pilih Monokrom Lewat Video “Carele$$”

Kompas.com - 17/07/2019, 10:42 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik trip hop, GHO$$, merilis klip video dari single mereka yang berjudul “Carele$$”.

Dalam video klip ini, GHO$$ menyuguhkan keindahan alam di Sawarna (Banten) dan Sumba (Nusa Tenggara Timur) sebagai lokasi syuting dengan nuansa serba hitam dan putih alias monokrom.

Band menjadi juara kompetisi band Supermusic Rockin Battle pada 2017 ini memang konsisten dalam pakem warna-warna monokrom dan cenderung dark yang selama ini menjadi identitas mereka.

Baca juga: GHO$$ Jadi Band Pertama yang Tampil di Super Entertainment Uncommon Project

Vokalis Diegoshefa mengatakan, visual monokrom memang menjadi benang merah GHO$$ dalam konsep fashion, stage art, hingga sinematografi video klip.

"Konsep video klipnya sih enggak berbeda jauh sama pakem-pakem yang kami anut dan menjadi ‘manual book’ GHO$$. Di mana mood-nya harus dark, gloomy, mysterious, black and white, dan artsy. Jadi melankolik cuma enggak menye-menye,” kata Diego melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/7/2019).

"Karena bagi gue, video klip itu sangat critical untuk merepresentasikan dan mendeskripsikan musik yang kita usung secara visual,” sambung Diego.

Selain menjadi ciri khas, Diego percaya warna-warna monokrom dapat mewakili jiwa dan esensi dari musik mereka yang kelam, namun tetap punya unsur pop.

Triphop adalah genre yang mencampurkan unsur hip hop dan jazz dengan rock atau dream pop. Bagi Diego, musik triphop yang mereka usung tidak bisa divisualisasikan dengan sembarangan.

Selain Diego, Gho$$ juga beranggotakan Fadhi Perdana (gitar), Diego Aditya (gitar), dan Dhemo Ap (bas).

Sebelumnya klip video “Carele$$”, GHO$$ juga pernah mengambil tema monokrom pada single ‘N’. Dalam cuplikan videonya, "Carele$$" mampu memperlihatkan sebuah lanskap dari perspektif yang sangat berbeda.

Bentang alam pantai dan tebing terjal di Sawarna dan Sumba divisualisasikan secara monokrom sehingga terlihat muram dan sepi.

Diegoshefa yang menjadi sosok sentral terlihat depresi sepanjang alur cerita yang mengalir lambat. Semua menjadi satu kesatuan sinematografi yang punya konsep dan karakter kuat serta dieksekusi dengan apik.

Adapun, video klip Carele$$ dirilis ekslusif di akun Youtube Supermusic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com