Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singel Shallow Milik Lady Gaga Dituding sebagai Lagu Curian

Kompas.com - 11/08/2019, 21:10 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Kabar tak sedap tengah menghantam penyanyi Lagy Gaga.

Singel "Shallow" yang mengantarkannya berjaya di ajang Oscar, Golden Globe, dan Grammy Awards dituding sebagai lagu curian.

Dalam sebuah pernyataan ke media, seorang musisi bernama Steve Ronsen mengklaim bahwa "Shallow" memiliki kemiripan tiga not dengan lagunya yang berjudul "Almost" yang dirilis pada 2012.

"Ini menarik perhatian saya ketika banyak orang (membuat saya sadar bahwa) lagu 'Shallow' terdengar seperti milik saya. Saya tidak mencari ini, saya bahkan belum melihat filmnya (saya mendengarnya cukup bagus)," demikian bunyi pernyataan Ronsen.

Sebagai informasi, "Shallow" merupakan salah satu lagu tema atau soundtrack dari film A Star is Born yang dibintangi Lady Gaga.

"Saya mengagumi Lady Gaga dan saya hanya ingin membahas ini ... Saya telah meminta seorang ahli musik yang juga setuju bahwa dua lagu itu mirip. Saya hanya membahas tentang ini, bagaimana orang lain akan menyelidiki kemungkinan pelanggaran," katanya lagi.

Baca juga: Lady Gaga Putuskan Christian Carino demi Selamatkan Kariernya

Namun, dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada USA TODAY dan Entertainment Tonight, kuasa hukum Lady Gaga, Orin Snyder, menyebut klaim dari musisi Steve Ronsen dan pengacaranya Mark D Shirian itu "memalukan dan salah".

Dia juga menuduh mereka berusaha menghasilkan uang dengan mudah dari artis yang sukses. Snyder juga membantah klaim ahli musik yang disebut Ronsen.

“Kami memberi Tuan Shirian surat panjang dengan temuan beberapa ahli musik terkemuka, yang masing-masing tidak menemukan kesamaan yang dapat ditindaklanjuti antara kedua lagu itu," kata Snyder.

"Bahkan ahli musik Shirian sendiri mengakui perkembangan tiga nada generik hadir di banyak lagu lain sebelum lagu kliennya dibuat," lanjutnya.

Snyder juga menegaskan bahwa Lady Gaga akan melakukan perlawanan apabila klaim Ronsen itu dibawa hingga ke jalur hukum.

"Jika Tuan Shirian melanjutkan kasusnya, Lady Gaga akan melawannya dengan keras dan akan menang," ujar Snyder percaya diri.

Baca juga: Lagu Shallow Menangi Penghargaan Best Original Song Oscar 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com