Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Derita Sindrom Williams, Dede Sunandar: Ini Titipan Allah, Bersyukur Saja

Kompas.com - 15/08/2019, 12:01 WIB
Dian Maharani

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Dede Sunandar mengaku selalu bersyukur dalam hidup meski anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar didiagnosis dengan penyakit langka Williams Syndrome atau sindrom Williams.

Dede dan istri kini berusaha memberikan yang terbaik untuk putra mereka yang kini berusia 1 tahun 4 bulan.

''Berarti ini titipan dari Allah, bersyukur saja," kata Dede kepada wartawan seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Grid.ID, Kamis (15/8/2019).

Dede menceritakan, dulu ia hanyalah seorang cleaning service. Kemudian, Tuhan memberinya rezeki dengan menjadi artis. Dede tetap menerima ketika diberi seorang anak dengan sindrom Williams.

"Dibilang cobaan berat ya kita harus jalani, terima. Dulu kita cleaning service berat juga mungkin, sekarang jadi artis alhamdulillah," kata Dede.

Baca juga: Cerita Dede Sunandar soal Anaknya yang Mengidap Sindrom Williams

Dede mengatakan, istrinya juga tabah menjalani hal ini. Mereka rutin membawa sang anak berobat ke dokter. Sebab, sindrom Williams menyebabkan anak Dede mengalami masalah pada jantung hingga lambung.

Sindrom Williams merupakan penyakit langka yang terjadi karena adanya kelainan genetik pada bayi. Dede mengetahui anaknya memiliki penyakit langka ini saat sang anak berusia 3 bulan.

Sampai saat ini pengobatan terus dilakukan agar putra keduanya itu bisa tumbuh kembang dengan baik.

Anak Dede nantinya juga akan menjalani beberapa operasi. Dede berharap doa untuk anaknya bisa memiliki kondisi lebih baik.

Baca juga: Mengenal Sindrom Williams, Kelainan Genetik Langka yang Diderita Anak Dede Sunandar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com