Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Diprotes, TXT Akhirnya Umumkan Revisi Nama Fandom

Kompas.com - 22/08/2019, 17:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Boyband TXT akhirnya mengumumkan nama fandom atau klub penggemar mereka yang sudah dikoreksi alias direvisi.

Pada 22 Agustus 2019, grup bentukan Big Hit Entertainment itu mengungkapkan bahwa nama fandom mereka adalah MOA.

Lewat akun Twitter @TXY_bighit, Soobin dan kawan-kawan menjelaskan makna sebutan untuk penggemar mereka, MOA adalah kependekan dari Moments of Alwaysness.

TXT juga menyertakan sebuah GIF bertuliskan "Hello MOA".

Ada pula tulisan berbunyi "Selalu dan selamanya, semua momen yang TOMORROW X TOGETHER dan penggemar lalui bersama" serta "TOMORROW X TOGETHER dan penggemar 'moa' (mengumpulkan) potongan mimpi masing-masing untuk mewujudkan satu impian.

Sebelumnya diberitakan, TXT memilih nama "YOUNG ONE" sebagai nama fan club pada 25 April lalu. Nama itu dipilih setelah mereka mengumpulkan masukan dari penggemar selama dua pekan.

Baca juga: TXT Akan Ganti Nama Fandom

Ternyata nama "YOUNG ONE" mirip dengan nama fandom Tiffany SNSD (Girls' Generation), "Young Ones".

Tiffany menggunakan nama Tiffany Young saat melakukan aktivitas solo di Amerika Serikat. Pada September 2018, ia menjelaskan nama fandom-nya berarti "mari kita bersama selamanya".

Setelah itu, TXT mengubah nama resmi nama klub penggemar mereka, pada Senin (6/5/2019).

"Setelah pengumuman nama fan club TXT pada 25 April lalu, ternyata nama itu sudah digunakan oleh fandom dan fan club artis lain," kata Big Hit dalam sebuah pernyataan.

Agensi yang juga menaungi boyband BTS itu mengakui bahwa saat memutuskan memilih "YOUNG ONE", mereka tidak melakukan kroscek soal kemungkinan ada kesamaan nama.

"Kami meminta maaf kepada para penggemar yang sudah sabar dan pihak-pihak yang merasa tersinggung dengan pengumuman (pemilihan nama fan club) tersebut," lanjut Big Hit.

"Saat ini kami memutuskan untuk mengganti nama fan club resmi TXT. Kami akan berhati-hati dan bijaksana untuk mengecek ulang ide-ide yang disodorkan para penggemar sebelum (nama terpilih) diumumkan secara resmi," kata Big Hit.

Baca juga: Soobin Sakit Mata, TXT Tunda Comeback

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com