Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Indonesia Lagi, Maudy Ayunda: Ini Jauh Lebih Berat

Kompas.com - 07/09/2019, 09:00 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan ini, penyanyi dan artis peran Maudy Ayunda akan kembali meninggalkan Indonesia beberapa waktu untuk melanjutkan studinya di Amerika. Tepatnya, Maudy akan menempuh Pendidikan S2 di Stanford University jurusan bisnis dan pendidikan.

Sebelumnya, Maudy juga telah mengenyam Pendidikan S1 di Universitas Oxford, Inggris.

Dalam kepergiannya kali ini, Maudy mengaku tak mudah meski sudah pernah mengalaminya. Banyak hal yang membuat Maudy merasa cukup berat dalam kepergiannya kali ini.

“Iya berat sih. Ini jauh lebih berat dari pertama kali perbuat untuk S1, mungkin karena S2 itu kan optional karena bentuknya kalau orang kuliah, ya, S1 ya,” ucap Maudy saat ditemui di Kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Rilis Lagu Goodbye, Cara Pamit Maudy Ayunda Sebelum Kuliah di Amerika

Maudy mengatakan, orang-orang terdekat menjadi salah satu hal yang memberatkan langkahnya untuk pergi ke Negeri Paman Sam.

“Dan ada banyak yang aku tinggalkan, teman-teman terdekat, keluarga aku, kenyamanan aku di sini aku tinggalkan juga,” ucap Maudy.

“Karier aku yang sebenarnya aku lagi happy-happy, proyek aku yang passionate banget dan, ya, gitu sih sebenarnya. Karena aku sedih aku juga excited karena ini satu chapter yang baru,” sambungnya.

Baca juga: Sebelum Diterima di Stanford, Maudy Ayunda Bikin Perencanaan Selama 4 Tahun

Maudy menambahkan, dirinya sudah melakukan beberapa persiapan untuk kepergian tersebut. Ia juga mengatakan dirinya akan kembali beradaptasi menjalani rutinitas layaknya seorang mahasiswi.

“Aku bakalan tinggal di dorm gitu. Jadi balik lagi ke dunia mahasiswa lagi lah. Terus packing itu paling susah, sudah dari beberapa hari lalu koper sudah kebuka, tapi kayak susah banget mana yang mau dimasukan, sampai sekarang belum selesai,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com