Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sahrul Gunawan hingga Olla Ramlan Disiapkan untuk Pilkada di Jawa Barat

Kompas.com - 23/09/2019, 17:37 WIB
Kurnia Sari Aziza

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai NasDem mengusung dua nama artis untuk dijadikan calon kepala daerah pada Pilkada 2020 Jawa Barat.

DPW Partai NasDem Jawa Barat membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk diusung di pilkada yang akan digelar di delapan daerah di Jawa Barat itu pada 23 September sampai 23 Oktober 2019.

Kepala DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan, dari delapan daerah yang akan menggelar Pilkada 2020, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok, pihaknya telah mengantongi nama calon kepala daerah dari kadernya.

Baca juga: Mendagri Sebut Ada Daerah yang Belum Tuntas Bahas Anggaran Pilkada

Untuk Pilbup Kabupaten Cianjur, DPW Nasdem hampir memastikan akan mengusung Herman Suherman yakni kader NasDem yang kini menjadi petahana, Penjabat Bupati Cianjur.

Saan mengatakan, pihaknya tinggal mencari nama calon wakilnya.

Di Pilbup Kabupaten Bandung, pihaknya sudah mengantongi sejumlah nama kader yang akan menjadi kepala daerah, minimal untuk posisi wakil bupati.

Nama-nama tersebut di antaranya Dadang Rusdiana, Agus Yasmin, sampai artis Syahrul Gunawan.

Baca juga: Setahun Jelang Pilkada 2020, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

Di Pilbup Kabupaten Sukabumi, Saan mengatakan, kemungkinan mengusung Olla Ramlan. Sejumlah kader lainnya juga sudah disiapkan untuk mengisi posisi tersebut.

"Kami punya kader yang memiliki posisi politik baik, seperti yang sekarang jadi petahana Bupati Cianjur. Kami ingin kader NasDem yang terpilih, termasuk di Kabupaten Bandung yang relatif signifikan, minimal jadi wabup," kata Saan di Bandung, Jawa Barat, Senin (23/9/2019) seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Saan mengatakan, pihaknya tetap menjalankan ciri khas Partai NasDem dalam pendaftaran dan pengusungan calon kepala daerah, yakni tanpa mahar dan tanpa jual beli kursi.

Baca juga: Saat Keluarga Pemimpin Negeri Jajal Pilkada 2020...

Pihaknya tetap akan menjadikan survey popularitas dan elektabilitas sebagai salah satu dasar penetapan pengusungannya.

"Untuk Cianjur kami sudah siapkan, membentuk koalisi dengan partai lain. Koalisi dengan siapa, akan kami jajaki," katanya.

Untuk Pilbup Kabupaten Tasikmalaya, katanya, pihaknya tengah menjajaki upaya maju dari jalur independen.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Partai Nasdem Siapkan Syahrul Gunawan di Pilkada Kab Bandung dan Olla Ramlan di Pilkada Cianjur.
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com