Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

D'MASIV Habiskan Hampir Rp 1 Miliar untuk Rekaman di Abbey Road Studios

Kompas.com - 27/09/2019, 14:22 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis grup band D'MASIV Rian Ekky Pradipta mengatakan band tersebut dia dan kawan-kawan baru melakukan rekaman di Abbey Road Studios, London, Inggris.

"Kami habis rekaman di Abbey Road Studio. Rekam 20 lagu, akustik dan full band dan akan rilis di 17 tahun D'MASIV," kata Rian saat ditemui usai jumpa pers peluncuran Billboard Indonesia Top 100 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

"Biayanya enggak murah, mahal banget. Terus biaya untuk rekam dokumentasinya itu tiga kali lipat dari kita baya sewa studio," lanjut Rian.

Baca juga: Bantah Bubar, Rian Sebut DMASIV Baru Rekaman Studio The Beatles

Rian menyebut seluruh biaya yang dikeluarkan untuk melakukan rekaman di studio legendaris itu mencapai hampir Rp 1 miliar.

"Ya segituanlah. Lumayan. Enggak sampai Rp 1 M, kan live soalnya. Satu shift 10 jam, terus ada overtime, enggak sampai 1 M. Kalau dibarengi dengan biaya ke sana ya bener hampir 1 M," kata Rian.

Meskipun demikian, Rian merasa bangga bisa menjadi musisi Indonesia yang merekam lagu di Abbey Road Studios. Apalagi banyak musisi dunia merekam karyanya di situ.

Baca juga: Rian DMASIV: Cekcok Jadi Bumbu untuk Saling Menyayangi

"Luar biasanya kita bisa cerita gimana rekaman di salah satu studio terbaik di dunia. Di mana musisi dunia pernah rekaman di situ kayak The Beatles, David Bowie, Lady Gaga, Adele... pernah rekaman," ucap Rian.

Menurut Rian, bukan hal mudah untuk bisa merekam lagu di studio tersebut. Ada seleksi yang cukup ketat oleh pengelola studio.

"Jadi mereka harus tahu musik kita seperti apa. Band kita sudah berapa lama, terus kita bisa main bener apa enggak, bisa nyanyi bener apa enggak," imbuhnya.

Baca juga: DMASIV, dari Cekcok di Panggung hingga Rekaman di London

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com