Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Titi DJ, Diva Indonesia Pelantun Bahasa Kalbu

Kompas.com - 06/04/2020, 22:04 WIB
Azizah Pamugarwati,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTiti DJ adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan aktris asal Indonesia. Ia telah memulai kariernya pada 1983.

Titi DJ mulai dikenal publik sebagai pemenang Miss World Indonesia 1983, ia juga mewakili Indonesia dalam ajang Miss World di tahun yang sama di London, Britania Raya.

Debutnya sebagai seorang penyanyi dengan merilis album perdananya yang bertajuk Bukan Hanya Satu Kali (1983) yang berisikan sepuluh lagu. Namun, album ini tidak berhasil di pasaran.

Baca juga: Sosial Distancing karena Wabah Covid-19, Titi DJ Menikmati di Rumah Saja

Karier bermusiknya melejit berkat album Bahasa Kalbu (1999), yang sukses di pasaran dengan singelnya “Bahasa Kalbu”, “Tak Akan Ada Cinta yang Lain”, dan “Jangan Berhenti Mencintaiku”.

Berkat album itu juga ia berhasil memenangkan lima penghargaan di Anugerah Musik Indonesia (AMI) 1999, salah satunya sebagai Album Terbaik, dan Penyanyi Rekaman Terbaik.

Kariernya yang semakin menanjak, membuat wanita kelahiran 17 Mei 1966 ini menjadi salah satu diva pop yang tergabung dalam kelompok 3 Diva bersama Krisdayanti dan Ruth Sahanaya.

Baca juga: 35 Tahun Bermusik, Titi DJ Takjub Saat Jajal Rekaman Online

Namun, sebelum itu ia pernah tergabung dalam grup musik Adarapta dan Elfa’s Singers.

Kini Titi DJ telah melahirkan puluhan album. Titi DJ juga telah meraih puluhan penghargaan dan masuk ke beberapa nominasi di berbagai ajang.

Titi Dj juga kerap dipercaya untuk menjadi juri di sejumlah acara pencarian bakat. Beberapa acara itu seperti Indonesia Idol, Golden Memories, The Voice Indonesia, dan lainnya.

Baca juga: Stephanie Poetri Persembahkan Lagu Ciptaannya untuk Titi DJ di Hari Ibu

Selain bernyanyi, Titi DJ juga kerap membintangi sejumlah film dan sinetron. Bahkan, ia juga kerap di dapuk menjadi bintang iklan di sejumlah produk.

Untuk kisah asmaranya, sejak 1995 ia telah menikah dengan Bucek Depp dan bercerai pada 1997. Dari pernikahan itu Titi DJ dan Bucek di karuniai tiga anak.

Setelah itu ia menikah kedua kalinya dengan Andrew Hollis Daugharty pada 1999, dan pernikahan ini juga berakhir perceraian. Dari pernikahan ini Titi DJ dikaruniai satu anak.

Baca juga: Titi DJ Sebut Stephanie Poetri Ingin Lepas dari Bayang-bayangnya

Kemudian, Titi DJ menikah ketiga kalinya pada 2007 dengan Noviar Rachmansyah, namun pernikahannya juga berakhir perceraian.

Titi DJ kini telah memiliki penerus di dunia tarik suara. Putrinya dari pernikahan dengan Daugharty, Stephanie Poetri, sedang menapaki karier bermusik internasional.

Lagunya "I Love You 3000" telah mengantarnya ke kancah musik internasional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com