Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Idol Kpop Harus Ikut Wamil? Apa Sanksinya jika Mangkir?

Kompas.com - 18/10/2022, 19:46 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program wajib militer (wamil) di Korea Selatan begitu familiar di telinga kita dewasa ini seiring dengan banyaknya idol Kpop yang menjalankan tugas negara tersebut.

Mengapa idol Kpop yang berkewarganegaraan Korea Selatan harus ikut wamil? Kompas.com mencoba menerangkannya dari berbagai sumber yang dirangkum.

Kenapa harus wamil?

Program wamil di Korea Selatan telah ditetapkan sejak 1957. 

Program ini mengacu pada Undang-undang Dinas Militer Pasal 39 (1) yang ditetapkan oleh Konstitusi Republik Korea tahun 1948.

Undang-undang itu berbunyi: "semua warga negara harus memiliki tugas pertahanan nasional di bawah kondisi yang ditentukan oleh Konstitusi".

Yang diharuskan untuk menjalani wajib militer adalah warga negara pria berusia 18 sampai 28 tahun (umur internasional). Masa dinas berkisar 18 sampai 20 bulan, tergantung jenis dinas yang dikerjakan.

Terkenal, dipuja banyak penggemar, berpenghasilan tinggi, dikelilingi kemewahan. Idol Kpop tetaplah warga negara biasa di mata hukum Korea Selatan. Tak ada bedanya dengan warga sipil lainnya.

Oleh karena itu, idol Kpop pun harus ikut wajib militer.

Sanksi

Seperti istilahnya, program ini wajib dijalankan oleh pria warga negara Korea Selatan. Tentunya ada warga yang mendapatkan pengecualian dari pemerintah lokal untuk dibebastugaskan dari wamil karena alasan fisik atau ekonomi keluarga.

Namun, mereka yang tidak termasuk dalam kriteria pengecualian dan menghindar dari wamil, pasti akan menanggung sanksi yang telah ditetapkan.

Mereka yang menghindar dari wamil akan diburu polisi dan dikenakan sanksi penjara.

Bahkan, warga yang tengah dinas militer lalu melarikan diri (desersi) akan dipenjara hingga 10 tahun.

Sementara itu, sejak 2018 pemerintah memperbolehkan warganya yang menolak wamil karena alasan kepercayaan agama dan politik untuk bekerja di penjara (misal di bagian dapur atau binatu) selama 36 bulan. Meski bukan dipenjara, mereka juga harus tidur dan tinggal di sana selama periode tersebut dengan jatah masa cuti.

Contoh kasus mangkir wamil

Adapun, kasus mangkir dari wamil ini pernah dilakukan penyanyi Yoo Seung Joon.

Dua bulan sebelum masuk wamil pada 2002, ia pergi ke AS dan tiba-tiba memperoleh kewarganegaraan AS.

Alhasil, ia langsung dicekal kembali ke Korea saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com