Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Cerpen Kompas Pilihan 2007 Diluncurkan

Kompas.com - 24/06/2008, 15:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Dua orang sastrawan, Ayu Utami dan Sapardi Djoko Damono, telah memilih dan menetapkan 15 cerpen dari puluhan cerpen yang diterbitkan Kompas edisi Minggu sepanjang tahun 2007, sebagai yang layak diangkat ke dalam buku Cerpen Kompas Pilihan 2007.

Ayu, yang kini anggota Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta, mengatakan bahwa ada hal-hal yang menjadi usang dan tidak boleh diulang sebagai ciptaan, termasuk dalam menulis cerpen. Sementara itu, Sapardi, pensiunan guru besar Universitas Indonesia, menghubungkan antara sifat koran yang semakin terbatas ruangnya dengan kemampuan cerpenis menyusun cerpen koran yang meyakinkan.

Cerpen pilihan itu adalah Lampu Ibu karya Adek Alwi,  Tukang Jahit (Agus Noor), Kisah Pilot Bejo (Budi Darma), Bigau (Damhuri Muhammad), Gerhana Mata (Djenar Maesa Ayu), Gerimis yang Sederhana (Eka Kurniawan), Sinai (Fransisca Dewi Ria Utari), Candik Ala (GM Sudharta), Lak-uk Kam (Gustaf Sakai), Koh Su (Puthut EA), Cinta di Atas Perahu Cadik (Seno Gumira Ajidarma),  Hari Terakhir Mei Lan (Soeprijadi Tomodihardjo), Belenggu Salju (Triyanto Wonokromo), Sepatu Tuhan (Ugoran Prasad), dan  Serdadu Tua dan Jipnya (Wilson Nadeak). Satu dari 15 cerpen tersebut akan muncul sebagai cerpen terbaik, yang diumumkan saat peluncuran buku, Kamis (26/6), pukul 18.00 WIB di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Pamerah Selatan, Jakarta Pusat. Peluncuran buku sastra itu menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT Kompas (yang sejatinya jatuh pada 28 Juni) dan sekaligus juga menandai pembukaan Pameran Ilustrasi Cerpen 2007. (Kompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com