Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elfa's Singers Bikin Banjir Airmata

Kompas.com - 29/07/2008, 22:07 WIB

TANGERANG, SELASA - Banjir airmata terjadi di gedung Staad Hall, Austria, 13 Juli lalu. Hal itu menyusul disebutkannya nama Elfa's Singers dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya. Untuk kelima kalinya kelompok musik pimpinan Elfa Secioria ini meraih predikat Grand Champion untuk kategori Jazz dan Pop dalam World Choir Games 2008, yang berlangsung di Grazz, Austria dari tanggal 9-19 Juli lalu.

Suasana haru kembali muncul saat Elfa's Singers tiba di Terminal 2D, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (29/7) malam. Elfa Secioria, komposer sekaligus aranjer Elfa's Singers, disambut bak pahlawan. Puluhan kalungan bunga diberikan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, yang diwakili Direktur Kesenian, Surya Yuga, serta sejumlah kerabat personel Elfa's Singers yang menggenggam puluhan buket bunga. "Alhamdulillah kami berhasil mempertahankan gelar yang diraih dua tahun lalu. Walaupun sebenarnya untuk keputusan berangkat ke ajang ini diambil di detik-detik terakhir," ungkap Yana Julio, anggota Elfa's Singers kepada Persda di terminal 2D, Bandara Soekarno Hatta, Selasa (29/7) malam.

Yana mengatakan, Elfa's Singers berlaga di World Choir Games 2008 dengan menggunakan formasi 24. Seyogyanya formasi ini merupakan gabungan kuartet Elfa's Singers, yang terdiri dari Yana, Agus Wisman, Uci Nurul, dan Lita Zein, bersama 20 personel Elfa's Singers lainnya. "Cuma, yang ikut kemarin hanya saya dan Agus. Uci dan Lita tidak bisa ikut karena ada halangan," ujarnya.

Elfa's Singers hanya melakukan persiapan selama kurang lebih satu bulan sebelum berlaga di Austria. Sejumlah bekal dari Tanah Air pun diboyong. Yana mengaku sengaja membawa ikan teri yang menjadi menu kesukaannya.

Lebih lanjut, Elfa's Singers berhasil meraih predikat Grand Champion setelah menyisihkan 20.000 peserta dari 93 negara yang terbagi dalam lebih dari 20 kategori. Menurut Yana, selain Elfa's Singers ada pula grup vokal lain asal Indonesia yang ikut dalam World Choir Games 2008. "Hanya saja, kami yang berhasil meraih predikat Grand Champion," ujar Yana, yang menambahkan bahwa formasi 24 mulai digunakan Elfa's Singers sejak 2000 silam dan sejak itu pula Elfa's Singers meraih gelar Grand Champion di ajang World Choir Games.

Disinggung soal kendala yang hampir saja menggagalkan Elfa's Singers berangkat ke Austria, Yana menyebutkan banyak hal yang dihadapi Elfa's Singers. Salah satunya, dana. Yana pun bersyukur atas bantuan sejumlah sponsor, antara lain Departemen ESDM, Bank BRI, dan PT Sinar Mas.

Sementara itu, Elfa mengatakan, kemenangan tahun ini merupakan suatu kebanggaan bagi dunia musik Indonesia dan, secara pribadi, merupakan torehan prestasi yang sangat berarti di karier musiknya yang sudah berjalan selama 40 tahun. (Persda Network)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com