Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pianis Blues Legendaris Pinetop Perkins Tutup Usia

Kompas.com - 22/03/2011, 10:56 WIB

TEXAS, KOMPAS.com -- Pianis blues peraih Grammy Award, Pinetop Perkins, meninggal dunia di usia 97 tahun, di kediamannya di Austin, Texas, Senin (21/3/2011) waktu setempat.  Manager Perkins, Hugh Southard, membenarkan kabar tersebut. 

Sebelum wafat, ujar Southard, Perkins sempat mengeluhkan sakit di bagian dada sesaat setelah di bangun dari tidurnya. Diduga kuat, Perkins terkena serangan jantung.

Di ajang Grammy belum lama ini, pria kelahiran Belzoni, Mississippi tahun 1913, itu  menjadi salah satu pemenang penghargaan yang paling tua. Ia mendapatkan penghargaan untuk album blues tradisional terbaik.  

Perkins telah menjalani kehidupan musik yang sangat panjang. Ia mengawali tur pertamanya di tahun 1920. Pada tahun 50-an, Perkins pernah tur bersama Ike Turner, lalu kemudian Muddy Waters.

Di tahun 2005, ia pernah diganjar penghargaan Lifetime Achievement Grammy Awards. Dua tahun berselang, ia meraih penghargaan untuk Album Blues Tradisional Terbaik (Best Traditional Blues Album) Musik blues adalah jiwa Perkins. Meski di usianya yang sudah uzur, semangat Perkins tak pernah kendur. Ia masih suka bermain secara rutin di sebuah klab blues di kawasan  Austin.

Agen Perkins kepada kantor berita Associated Press mengatakan tahun ini saja aktivitas bermusiknya masih sangat padat. "Ada lebih 20 pertunjukan yang telah dijadwalkan," katanya.  

"Dia adalah blues. Dan dia telah membuktikannya. Setiap tarikan napasnya juga blues,"  ujar Southard.

Semasa hidup, Perkins sempat ditanya soal rahasia umurnya yang panjang. Apa katanya soal itu?  "Saya selalu berusaha melakukan sesuatu yang berbeda setiap saat."

Sementara itu, musisi legenda blues  BB King,  mengaku kehilangan sosok Perkins.  "Dia adalah salah satu musisi blues terbaik Mississippi yang masih tersisa. Tidak hanya saya, semua orang pasti akan merindukan kehadirannya," ujar  King.   "Dua cheeseburgers, apple pie, sebatang rokok dan seorang wanita cantik adalah hal yang selalu diinginkannya," seloroh Southard mengenang sosok Perkins. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com