Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aa Gym Masih Bungkam soal Perceraian

Kompas.com - 22/06/2011, 16:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dai kondang asal Jawa Barat, H Abdullah Gymnastiar atau yang biasa dipanggil Aa Gym, masih saja enggan mengomentari permohonan perceraian dari istri pertamanya, Ninih Mutmainah alias Teh Ninih. Proses perceraian Aa Gym-Teh Ninih sendiri telah sampai pada dikabulkannya permohonan perceraian oleh Pengadilan Agama (PA) Bandung, Selasa (21/6/2011) lalu.

Aa Gym yang semula terlihat bersemangat menjawab pertanyaan pewarta seputar bisnis dalam Islam memilih untuk enggan berkata-kata. Saat itu dirinya tengah dimintai tanggapan dan reaksi atas dikabulkannya permohonan perceraian oleh PA Bandung, Rabu (22/6/2011), seusai mengisi acara "Meretas Bisnis Langit" di Hotel Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta.

Dai kondang pendiri sekaligus pengelola pesantren Daarut Tauhid Jawa Barat ini hanya sempat tersenyum simpul sebelum akhirnya memilih untuk tidak berkata-kata sama sekali. Hingga akhirnya seorang pewarta menyela kembali dirinya dengan pertanyaan seputar bisnis dalam Islam. Suami dari Alfarini Eridani alias Teh Rini itu kemudian kembali berujar, berceloteh tentang bisnis dan kesuksesan dalam Islam.

Belum diperoleh konfirmasi resmi dari Aa Gym terkait dikabulkannya permohonan cerai oleh PA Bandung, termasuk konfirmasi mengapa dirinya bungkam ketika ditanyai soal perceraiannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Aa Gym mengajukan permohonan cerai dengan Teh Ninih yang menjadi istri pertamanya. Proses mediasi antarkeduanya ditengarai mengalami kebuntuan lantaran dai yang telah memiliki tujuh anak dari Teh Ninih ini—Ghaida Tsuraya, Muhammad Ghazi Al-Ghifari, Ghina Raudhatul Jannah, Ghaitsa Zahira Shofa, Ghefira Nur Fatimah, Ghaza Muhammad Al-Ghazali, dan Gheriya Rahima—keukeuh melanjutkan permohonan cerainya.

Hingga pada Selasa (21/6/2011) kemarin, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Agama (PA) Bandung H Acep Saifuddin SH telah mengabulkan permohonan cerai tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2006, Aa Gym memilih untuk menikah lagi dengan seorang janda bernama Teh Rini yang telah memiliki tiga orang anak. Hasil pernikahannya dengan Teh Rini, Aa Gym mendapatkan seorang putra. Pernikahan kedua inilah yang dituding menjadi awal keretakan rumah tangga Aa Gym dan Teh Ninih hingga berakhir di ruang sidang.

Hingga berita ini diturunkan, belum dikonfirmasi satu pun oleh mantan pasangan suami-istri itu perihal perceraian mereka. Bahkan, dalam putusan meloloskan keinginan Aa Gym bercerai dari Teh Ninih pada Selasa (21/6/2011) kemarin oleh PA Bandung, kedua pihak tidak tampak hadir, hanya para kuasa hukum keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com