Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Richard Gere Ditawari Menjadi Duta Wisata Indonesia

Kompas.com - 27/06/2011, 18:00 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com- Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata saat ini menawarkan kesempatan kepada bintang Hollywood, Richard Gere, untuk menjadi duta wisata Indonesia. Sebagai seorang public figure , keterlibatan Gere diharapkan dapat meningkatkan gairah berwis ata ke Indonesia seperti yang telah dilakukan dua tokoh internasional yang telah ditunjuk sebagai duta wisata Indonesia, pendiri dan direktur utama perusahaan Microsoft, Bill Gates dan tokoh marketing dunia, Phillip Kotler.

Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Parisisata, Sapta Nirwandar, mengatakan, tawaran itu sudah disampaikannnya kepada Gere di sela-sela kunjungannya ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

"Kami sangat berharap Mr Gere bersedia. Namun, sementara ini, dia belum memberikan jawaban terhadap tawaran tersebut," ujarnya, saat ditemui, Senin (28/6/2011).

Gere, menurut Sapta, menjadi figur yang sangat tepat untu k mempromosikan Candi Borobudur. Sebab, selain sebagai seorang artis, kedatangan Gere sebagai seorang Buddhis dapat menginspirasi banyak orang, baik penggemarnya sendiri maupun seluruh umat Buddha untuk datang mengunjungi candi ini.

Sapta mengatakan, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata merasa perlu untuk mengajak tokoh-tokoh dari mancanegara untuk terlibat sebagai duta wisata, karena promosi dari mereka akan lebih efektif menggenjot kunjungan wisata dari masyarakat seluruh dunia.

"Jika orang Indonesia mempromosikan Indonesia, ya itu wajar saja. Sebaliknya, ketika ada orang dari luar mempromosikan Indonesia, kata-kata dari mereka ak an lebih dipercaya publik secara luas, sehingga banyak orang akan tergerak untuk benar-benar datang ke Indonesia," ujarnya.

Upaya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk melibatkan orang asing sebagai duta wisata ini, sudah dimulai sejak tahun 2008. Sejak itu, kunjungan wisatawan pun terus meningkat berkisar 10-15 persen per tahun.

Gere dalam kesempatan itu, mengatakan, sangat senang untuk datang berkunjung ke Indonesia. Dengan semua kenyamanan dan keindahan berbagai obyek yang disaksikannya selama ku njungan, dia pun mengaku tidak keberatan untuk mempromosikan Indonesia ke seluruh pelosok dunia.

Minggu (27/6/2011), Gere diundang sebagai tamu khusus dalam pertunjukan sendratari mahakarya Borobudur. Dia tampak sangat menikmati sajian sendratari bersama istri nya Carey Lowell, dan putranya, Homer James Jigme Gere. Setelah pentas berakhir, Gere dan keluarganya, menyalami para pelakon sendratari dan menyempatkan diri berfoto bersama mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com