Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yenny Rachman Terkenang Makan Bakso Bareng Dai Sejuta Umat

Kompas.com - 05/07/2011, 20:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain meninggalkan kenangan sebagai Dai Sejuta Umat lewat khotbahnya, (alm) Zainuddin MZ juga cukup dikenal baik sebagai seorang yang membumi. Setidaknya, artis senior Yenny Rachman menyisakan kenangan makan bakso bareng Zainuddin.

"Beberapa bulan yang lalu, saya sempat bertemu beliau di bandara, sempat ngobrol dan makan bakso bersama," kenang Yenny seusai melayat ke rumah duka Zainuddin di Jalan H Aom, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2011).

Di luar kenangan makan bakso bareng, sama seperti pelayat lainnya, Yenny menaruh kesan jika Zainuddin merupakan figur yang bersahaja.

"Almarhum adalah seorang kiai yang sangat digemari umatnya. Bahkan, ia sampai dijuluki sebagai 'Dai Sejuta Umat'. Itu kan berarti tutur kata dan perbuatannya sangat realistis dan sesuai dengan ucapannya sehingga kita yang mendengarkan ceramahnya terbawa dan tergerak mengikuti pesan beliau," kesan Yenny.

Ke depan, menurut Yenny, tak akan ada lagi figur mubalig yang bisa menggantikan Zainuddin. "Belum ada orang yang bisa menggantikan perannya yang sangat praktis menyampaikan pesan-pesannya. Saya kira kita harus banyak belajar bagaimana caranya menyampaikan pesan yang baik. Semoga keluarga diberikan keikhlasan dan kekuatan lahir dan batin," kata Yenny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com