Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eddie Murphy Mundur dari "Host" Oscar 2012

Kompas.com - 10/11/2011, 12:12 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Aktor komedian Eddie Murphy memutuskan untuk mundur sebagai host Academy Awards ke-84. Pengumuman tersebut disampaikan pada Rabu (9/11/2011) waktu setempat atau sehari setelah produser Brett Ratner mengajukan pengunduran dirinya sebagai produser perhelatan Academy Awards pada 26 Februari 2012 nanti.

Apa yang dilakukan Murphy sebagai bentuk solidaritas terhadap Ratner. Murphy dan Ratner baru-baru ini telah bekerja sama dalam penggarapan film aksi Tower Heist. Kerja sama keduanya makin intens saat diusung untuk menyukseskan perhelatan Oscar mendatang.

Selasa (8/11/2011), Ratner menyatakan undur diri setelah memicu kemarahan publik lantaran dianggap melakukan penghinaan terhadap komunitas gay saat jumpa pers pada pemutaran perdana film terbarunya, Tower Heist. Terkait peristiwa tersebut, Ratner telah menyatakan permohonan maafnya secara terbuka.

Menanggapi pengunduran diri Murphy, Presiden Academy Awards Tom Sherak menyayangkan keputusan tersebut. Namun, ia tetap menghargainya. Saat ini, Sherak belum punya "jagoan" yang akan menggantikan posisi Murphy sebagai host di acara bergengsi itu.

"Saya menghargai bagaimana perasaan Eddie yang kehilangan rekan kreatifnya, Brett Ratner, dan kami semua berharap dia baik-baik saja," ujar Sherak dalam jumpa pers bersama Murphy dan Ratner.

Lalu, apa komentar Murphy terkait pengunduran dirinya itu? "Saya ingin mengatakan bahwa saya sepenuhnya memahami dan mendukung keputusan masing-masing pihak berkaitan dengan perubahan produser untuk upacara Academy Awards tahun ini," ujarnya.

"Tapi, saya yakin bahwa tim produksi dan host yang baru nanti akan melakukan pekerjaan yang sama besar," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com