Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christian Bale Angkat Bicara soal Insiden Bioskop Berdarah

Kompas.com - 23/07/2012, 11:38 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com Tokoh utama bintang film The Dark Knight Rises, Christian Bale, tak bisa mengungkapkan perasaannya menanggapi aksi penembakan secara brutal di gedung bioskop Century 16 di Aurora, Colorado, Amerika Serikat, yang terjadi pada Jumat (20/7/2012) pekan lalu.  
 
"Kata-kata tidak dapat mengekspresikan kengerian yang saya rasakan," kata Bale. "Saya benar-benar tidak bisa memahami rasa sakit dan kesedihan yang diderita para korban dan orang yang mereka cintai, tetapi dari hati yang paling dalam saya sampaikan buat mereka."

Bale dan sejumlah bintang lainnya dipaksa pulang kembali menjelang acara karpet merah dalam pemutaran perdana film The Dark Knight Rises di Paris, Perancis, yang dibatalkan menyusul insiden tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan membabi-buta di sela-sela pemutaran tengah malam film The Dark Knight Rises pada hari Jumat, 20 Juli lalu. Kejadian itu menewaskan 12 orang dan melukai sedikitnya 38 penonton bioskop.

Rasa duka juga diutarakan sutradara Christopher Nolan. Ia menyampaikan rasa belasungkawa atas penembakan itu. "Atas nama para pemain dan kru The Dark Knight Rises, saya ingin menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi yang tak masuk akal, yang menimpa masyarakat Aurora secara keseluruhan," katanya.

"Saya tidak berpretensi apa-apa tentang para korban penembakan, tetapi mereka ada di sana tadi malam untuk menonton film."

"Saya percaya film adalah salah satu bentuk seni terbesar masyarakat Amerika, dan pengalaman bersama menonton cerita yang terungkap di layar adalah sebuah permainan yang penting dan menyenangkan," lanjut Nolan.

"Bioskop adalah rumah saya. Jadi, ketika ada seseorang yang berusaha melanggar tempat yang tidak bersalah dan melakukan tindakan liar, itu adalah perbuatan yang buruk di hadapan saya," ujarnya lagi.  

Nolan juga merasakan kesedihan yang mendalam kepada korban dan keluarga atas peristiwa yang biadab itu. "Tidak ada kata-kata yang cukup untuk mengutarakan perasaan kita terhadap para korban yang tak bersalah. Ini benar-benar kejahatan yang mengerikan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com