Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habis Berulah di Las Vegas, Vokalis Green Day Jalani Rehabilitasi

Kompas.com - 25/09/2012, 13:32 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com -- Billie Joe Armstrong (40), vokalis sekaligus gitaris band rock Green Day, kini tengah menjalani rehabilitasi karena penyalahgunaan obat-obatan, setelah berulah di panggung iHeartRadio Festival di Las Vegas (Nevada, AS), Jumat lalu (22/9/2012) waktu setempat.

"Seperti kebanyakan dari Anda tahu, Billie Joe Armstrong sedang menjalani perawatan atas penyalahgunaan obat-obatan. Akibatnya, Green Day telah menunda penampilan-penampilan promosi mereka selanjutnya, termasuk Autograph Signing (penandatangan CD album baru) di (toko pakaian dan perlengkapan kasual) Tilly's di Burbank, California (AS)," tulis pihak Green Day melalui situs resmi mereka pada Minggu (23/9/2012) waktu setempat.  

"Tilly’s mendukung penuh Billie Joe dan Green Day selama waktu penyembuhan ini. Terima kasih untuk dukungan dan pengertian Anda," sambung pihak Green Day. "Anda tetap bisa mendapatkan album baru Green Day, Uno!, pada penjualan besok (waktu setempat) di semua lokasi Tilly's," tulis pihak Green Day lagi.  

Pernyataan tersebut dikeluarkan sebelum Green Day akan meluncurkan Uno!, album pertama dari album trilogi mereka, pada Selasa (25/9/2012) waktu setempat. Album itu merupakan album baru mereka setelah mereka meluncurkan 21st Century Breakdown pada 2009. Album tersebut akan diikuti oleh album Dos!, yang akan dirilis pada November 2012, dan album Tre, yang akan dikeluarkan pada Januari 2013.

Ketika tampil di iHeartRadio Music Festival tersebut, Armstrong tiba-tiba berhenti menyajikan lagu dan melontarkan sumpah serapah ketika, pada pertengahan lagu, diberi tahu bahwa waktu manggung Green Day tinggal satu menit lagi.

"Beri saya... rehat. Tinggal satu menit? ... Anda... bergurau," teriak Armstrong di panggung. "Biar saya tunjukkan kepada Anda, apa... arti satu menit," katanya akhirnya, sebelum ia dan pemain bas Mike Dirnt membanting alat-alat musik mereka dan meninggalkan panggung.

Cuplikan kejadian itu, yang melahirkan dukungan bagi band tersebut, diunggah ke YouTube.

Tiga minggu lalu, Armstrong sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Italia karena apa yang kemudian dijelaskan oleh Dirnt sebagai sebuah kasus parah dehidrasi. Hal itu menyebabkan sebuah konser Green Day pada akhir minggu terpaksa dibatalkan. Namun, beberapa hari kemudian, 6 September 2012, Armstrong cukup sehat untuk tampil dengan Dirnt dan sang drummer, Tre Cool, dalam pertunjukan MTV Video Music Awards 2012.

Tak ada rincian yang diberikan mengenai seperti apa kesulitan-kesulitan yang belakangan dihadapi oleh Armstrong dan pihak yang mewakili band tersebut tidak bisa segera dihubungi untuk dimintai tanggapan untuk menguraikan pernyataan singkat pada situs resmi grup itu.

"Billie Joe sedang menjalani perawatan karena penyalahgunaan obat-obatan," tulis pihak Green Day pula melalui situs resmi band tersebut. "Kami ingin setiap orang tahu bahwa waktu tampil kami tak dikurangi oleh (promotor acara itu) Clear Channel dan kami meminta maaf kepada mereka yang tersinggung pada iHeartRadio Festival di Las Vegas," tambah pihak yang sama.

Green Day lahir di California pada 1980-an. Mereka tercatat telah mencetak angka penjualan album 65 juta copy di seluruh dunia. Mereka juga telah mengantongi lima penghargaan Grammy, termasuk Best Alternative Album berkat album Dookie serta Best Rock Album untuk American Idiot dan 21st Century Breakdown.

Green Day dijadwalkan akan memulai tur AS mereka pada 26 November 2012 di Seattle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com