Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idang Rasjidi Padukan Nyanyian Melayu dengan Jazz

Kompas.com - 23/11/2012, 10:02 WIB

BANGKA, KOMPAS.com — Rasanya hampir mustahil jika nyanyian Melayu yang khas dengan cengkok vokalnya dipadukan dengan musik jazz. Tetapi, dengan sentuhan tangan dingin musisi dan aranjer Idang Rasjidi, hal tersebut bukanlah hal yang muskil lagi.

"Sekarang saya pegang (vokalis) yang namanya Yendri, dia akan nyanyi lagu 'Serasa' milik Chrisye yang akan diiringi musik jazz. Tapi nyanyinya Melayu, bayangkan," kata Idang saat berbincang dengan Kompas.com seusai jumpa pers "Jazz on the Beach", di Plaza El John, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (22/11/2012).

Memadukan nyanyian Melayu dengan musik jazz, dikatakan Idang, bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukannya bersama grup musik Idang Rasjidi Syndicate saat tampil di Jazz on the Beach, Marina Bay, Parai Beach Resort & Spa, Bangka, Jumat (23/11/2012). "Benturan jazz, dangdut memang harus dikomprehensif. Utara dengan selatan memang beda, atau barat dan timur sungguh berbeda. Cuma jangan lupa, ada yang namanya bahasa harmonisasi," kupas Idang.

"Sekarang tergantung apakah kita mau ke sana? Saya mau, lalu (artis musik) Dwiki Dharmawan juga mau. Dan dia berhasil," lanjutnya.

Selain ingin memadukan dua warna yang berbeda menjadi satu, Idang merasa punya tanggung jawab untuk mematangkan kemampuan bernyanyi yang dimiliki Yendri, seorang vokalis muda yang berasal dari Bangka. "Saya pemusik, baru 42 tahun karier saya, saya bertanggung jawab atas apa yang saya tularkan. Kalau saya bisa bikin sukses anak Pekalongan, masa dari kampung sendiri enggak bisa," ujar Idang yang lahir di Lanun, Kepulauan Bangka Belitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com