Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Man of Steel" Menuai Pujian

Kompas.com - 12/06/2013, 18:28 WIB

LONDON, KOMPAS.COM -- Man of Steel, yang diadaptasi dari komik Superman, telah menuai sejumlah pujian dalam ulasan di media massa.

Film yang disutradarai oleh Zack Snyder--yang sebelumnya menggarap film 300--dan dibintangi oleh aktor Inggris Henry Cavill itu telah diputar di Inggris pada minggu ini.

Total Film memuji film itu dengan menyebut, "Upaya yang sungguh-sungguh untuk memodernisasi dan mendewasakan kisah superhero yang ada sebelumnya." Namun, The Guardian mencatat, akting Cavill tampak tak memiliki selera humor.

Dalam ulasannya, penulis Andrew Pulver mengatakan bahwa pengaruh produser film Christopher Nolan--sutradara Inggris yang menggarap Inception dan trilogi The Dark Knight--sangat kental dalam adegan-adegan awal ketika Superman berusaha menerima identitasnya.

"Mengingatkan kita kepada Batman Begins, ini adalah tentang kekuatan super yang menjadi beban dan beban berubah menjadi neurosis," tulisnya. "Pada bagian awal inilah yang paling sukses," lanjutnya. "Nolan dan Snyder, bersama penulis naskah David S Goyer, telah menciptakan konteks yang masuk akal untuk introspeksi dan keraguan diri yang dihadapi oleh pahlawan berkonstum mereka," tulisnya lagi.

Pertarungan besar
Man of Steel menggambarkan upaya Superman menyelamatkan dunia dengan berjuang melawan Jenderal Zod, seorang pemimpin militer pemberontak dari planet rumahnya Krypton, yang dimainkan oleh Michael Shannon.

Dalam review bintang empatnya, Total Film mengatakan bahwa aksi laga yang dipertontonkan film itu dibuat untuk memerbaiki kekurangan aksi laga dalam film Superman sebelumnya, Superman Returns (2006).

"Ada beberapa adegan yang benar-benar menggambarkan pertarungan besar antar kekuatan super," tulis Matthew Leyland.

Cavill, menurut Leyland, "Tidak membuat film dari salah satu ikon komik terbesar itu menjadi berat," tapi secara keseluruhan, "Lebih solid dari spektakuler."

Cavill, yang berusia 30 tahun, merupakan aktor non-AS pertama yang berperan sebagai Superman di layar lebar. Itu merupakan sebuah "pekerjaan yang sulit" menurut majalah Empire.

Sebelumnya, hak cipta atas Superman sempat menjadi rebutan antara Warner Bros dengan keturunan dari salah satu pencipta tokoh pahlawan super tersebut. Namun, sengketa itu kemudian dimenangkan oleh Warner Bros, yang telah mencetak keuntungan 500 juta dollar AS dari lima film Superman, mainan, dan games komputer serta komik yang terbit selama 74 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com