Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Film Karya Hitchcock Masuk Daftar UNESCO

Kompas.com - 12/07/2013, 11:35 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Sembilan film bisu karya sutradara film Inggris Alfred Hitchcock dicantumkan oleh UNESCO dalam daftar warisan budaya Inggris.

Sejumlah film terlawas Hitchcock, yang telah melalui proses restorasi yang panjang, ditayangkan perdana di British Film Institute (BFI) pada musim panas tahun lalu. Kini film-film itu masuk dalam daftar warisan budaya Inggris.

Daftar yang disusun dalam bentuk katalog di internet sejak 2010 menunjukkan kekayaan budaya dan sejarah Inggris, dari manuskrip abad pertengahan hingga pelopor bidang film.

"Kami senang sekali bahwa film-film lawas karya salah satu sineas ternama dunia masuk ke dalam daftar artefak budaya terbaik Inggris," ujar Robin Baker, kurator kepala BFI.

Ia menambahkan bahwa budaya film seringkali diabaikan sebagai warisan budaya Inggris.

Penonton baru
Robin Baker juga menjelaskan bahwa hasil restorasi arsip film yang sangat detil oleh BFI tidak hanya berhasil menarik penonton baru di berbagai belahan dunia, tetapi juga pengakuan masyarakat internasional sebagai budaya dunia yang penting.

BFI memerlukan waktu tiga tahun untuk merestorasi sembilan film bisu Hitchcock yang dibuat pada 1925-1929, sebelum ditayangkan perdana dalam London Film Festival 2012. Dari film-film itu, ada film pertama Hitchcock, Pleasure Garden, dan film drama tentang tinju, The Ring.

The Hitchcock 9, yang disebut sebagai cetak biru film-film pascaperang sang sutradara yang paling terkenal, seperti Psycho dan Vertigo, saat ini ditayangkan di berbagai kota di Amerika Serikat. Tahun lalu Vertigo terpilih sebagai film terbaik sepanjang masa menurut majalah film yang diterbitkan BFI, Sight and Sound, melalui jajak pendapat oleh sejumlah kritikus film internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com