Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kutip Lirik "Perfect Day", "Tribute" Kardinal Vatikan untuk Lou Reed

Kompas.com - 29/10/2013, 01:16 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters,,AP
VATIKAN, KOMPAS.com — Kardinal Gianfranco Ravasi, Menteri Kebudayaan Vatikan yang berumur 71 tahun, Senin (28/10/2013), memberikan penghormatan personal kepada penyanyi dan penulis lagu Lou Reed yang mangkat pada Minggu (27/10/2013).

Melalui akun Twitter, Ravasi menyampaikan penghormatan kepada Reed dengan mengutip salah satu lagu Reed yang paling terkenal. Meski demikian, Ravasi menegaskan kemudian bahwa dia tetap tak memaafkan setiap referensi penggunaan obat terlarang, seperti yang sebagian ada pada lirik lagu Reed.

Ravasi, warga asli Italia yang berumur sama dengan Reed, menuliskan tweet dukacita itu, Minggu (27/10/2013). Lirik lagu yang dia kutip dalam kicauannya merupakan bait ketiga dari Perfect Day. "Oh, it's such a perfect day/I'm glad I spent it with you/Oh, such a perfect day/You just keep me hanging on".

Lirik lagu tersebut selama ini mendapatkan banyak interpretasi. Mulai dari penggunaan obat terlarang sampai kisah cinta yang sederhana. Demi menepis dugaaan Ravasi memberikan kelonggaran untuk interpretasi terkait obat terlarang, dia pun menulis tweet yang mengutip bagian Alkitab.

Kutipan Alkitab yang dipakai Ravasi bicara soal peringatan tentang "ilusi". Menurut Ravasi, Reed mengutip bagian tersebut ketika berbicara lewat lagunya tentang "menuai apa yang ditabur".

Ravasi adalah ahli kitab yang mewakili Gererja Katolik Roma untuk urusan terkait dunia seni, budaya, ilmu pengetahuan, bahkan soal ateis. Dia bahkan menyebut dia meyakini kekuatan budaya kontemporer.

Terkenal dengan hit Walk on the Wild Side, Reed meninggal di Long Island, New York karena komplikasi setelah menjalani transplantasi hati. Tema-tema lagu Reed banyak bercerita tentang kehidupan "bawah tanah" New York, termasuk soal penyalahgunaan narkoba, seks bebas, bahkan soal waria.

Perfect Day adalah hit solo Reed pada 1972 yang dibangkitkan lagi pada 1996 saat menjadi salah satu musik latar film tentang kecanduan heroin, Trainspotting. Lagu itu pun banyak dinyanyikan oleh beragam band papan atas, termasuk Duran-duran pada album keluaran 1995.

Versi khusus Perfect Day dengan suara Bono U2 dan David Bowie dijual sebagai single amal di Inggris dan menduduki puncak tangga lagu selama tiga pekan, pada 1997. Reed menyanyikan ulang lagu ini dalam album The Raven, pada 1993. Sementara itu, The Velvet Underground masuk Rock and Roll Hall of Fame pada 1996.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,,AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com