Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Anak Rimba: Main Film Tak Sulit

Kompas.com - 13/11/2013, 14:20 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bungo, Negkabau, dan Beinda, tiga anak dari Suku Anak Dalam di hutan Bukit Dua Belas, Jambi, diajak oleh sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana untuk ambil bagian dalam film Sokola Rimba (2013). Mereka mengaku tak mengalami kesulitan karena bermain sebagai diri sendiri.

"Suka, tidak susah, biasa-biasa saja," ucap Bungo singkat dalam wawancara di Epicentrum, Kuningam, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2013).

Menurut Mira, mereka bermain film tanpa bayaran uang, karena uang bukan merupakan alat tukar utama bagi Suku Anak Dalam.

"Bayaran buat Orang Rimba bukan sekadar uang. Sangat sulit dijelaskan, tapi mereka tidak seperti kita. Hari yang hilang ketika main film akan kita ganti salah satunya dengan kain yang dinilai sangat berharga," terang Mira.

Riri juga menjelaskan, mengajak para pemain lokal bukan berarti untuk mengorbitkan mereka menjadi artis peran. Riri melibatkan mereka untuk lebih menghayati cerita.

"Ketika bekerja dengan aktor lokal, kita menyerap cerita mereka, enggak diubah jadi pemain. Di film saya, mereka menceritakan ceritanya sendiri," tekan Riri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com