Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meryl Streep Perpanjang Rekor Dapat Nominasi Oscar

Kompas.com - 16/01/2014, 23:50 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Tiga kali peraih Oscar, Meryl Streep, memperpanjang rekor sebagai aktris yang paling banyak menjadi nomine Academy Award. Dia kembali menjadi nomine, untuk ke-18 kali, Kamis (16/1/2014).

Sementara bintang Hunger Games, Jennifer Lawrence, menjadi aktris termuda yang pernah tiga kali menjadi nomine pada usia 23. Dia kembali menjadi nomine dari penampilannya di American Hustle.

Woody Allen—aktor yang dikenal menolak menghadiri penganugerahan gelar—menambah rekor menjadi nomine untuk ke-16 kali. Sementara rekor yang tak tertandingi siapa pun sampai saat ini disandang komposer John Williams, yang masuk daftar penerima nominator untuk ke-49 kali.

Streep memenangkan tiga Piala Oscar dari 17 nominasi sebelumnya. Kali ini dia menjadi nomine dengan bermain di film drama August: Osage County.

Academy Award terakhir Streep sebelumnya dia dapatkan pada 2013, untuk perannya sebagai Margaret Thatcher dalam The Iron Lady. Penghargaan itu berjarak tiga dekade dari penghargaan sebelumnya. Dua Oscar lain dia dapatkan dari Kramer vs Kramer pada 1980 sebagai pemeran pembantu terbaik, dan Sophie Choice pada 1983 sebagai aktris terbaik.

American Hustle yang mengantarkan Lawrence menjadi nomine ketiga mendapatkan nominasi yang sama banyak dengan Gravity, masing-masing 10 nominasi. Sebelum Lawrence, penerima tiga nominasi Oscar termuda adalah Terry Wright, yang mendapatkan nominasi ketiga pada usia 24, pada 1942.

Allen yang juga tak muncul untuk menerima Lifetime Achievement Golden Globe, Minggu (12/1/2014), mendapatkan nominasi ke-16 di Academy Award lewat Blue Jasmine. Sementara nominasi ke-49 untuk Williams didapat dari aransemennya di The Book Thief.

Williams menjadi pemegang rekor nominasi terbanyak yang saat ini masih hidup. Figur yang pernah menjadi nomine Oscar lebih banyak daripada Williams adalah Wall Disney, dengan 59 nominasi dan memenangkan 22 di antaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com