Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RAN LIbatkan Musisi Senior

Kompas.com - 10/02/2014, 21:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Band RAN yang beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino selalu punya ide untuk memberi warna pada karya mereka. Di album baru RAN yang berjudul Hari Baru, misalnya, mereka melibatkan beberapa musisi senior dan dari band lain. Beberapa nama itu, antara lain, Eno (gitaris band rock Netral), Rishanda Singgih (basis band Drew), Ronald Steven (basis band Agnes Monica), Ido (Dida), Andrey Kopay (basis band pengiring RAN), dan Evan Eva (pemain keyboard band pengiring RAN).

"Itu salah satu upaya kami untuk membuat album ini berbeda dan lebih berwarna dibandingkan album sebelumnya," kata Asta, pekan lalu, di Jakarta, seusai meluncurkan album baru itu.

Nino menambahkan, dirinya dan kawan-kawannya membuat album yang bukan berirama jazz, melainkan lagu pop dengan berbagai irama. Untuk membuat kesepuluh lagu di album baru itu lebih hidup, tiga anggota RAN meminta bantuan musisi top lawas.

"Istilah kami, orang yang lebih banyak berada di belakang layar," ujar Rayi. Mereka berharap, dengan cara itu, lagu mereka masing-masing akan punya warna dan karakter sendiri-sendiri.

Ia mencontohkan, tidak mungkin minta Eno mengiringi lagu berirama jazz, tetapi untuk lagu lain sehingga pihaknya perlu mencari musisi yang lain. Satu lagi, album keempat itu tak hanya melibatkan seorang mixing engineer, tetapi empat orang diterjunkan untuk menggarapnya. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com