Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"12 Years a Slave" Film Terbaik Oscar 2014

Kompas.com - 03/03/2014, 14:45 WIB
Irfan Maullana

Penulis


LOS ANGELES, KOMPAS.com
— Film 12 Years a Slave diumumkan sebagai pemenang Best Picture alias film terbaik Academy Awards atau Oscar 2014 setelah unggul dari American Hustle, Captain Phillips, Dallas Buyers Club, Gravity, Her, Nebraska, Philomena, dan The Wolf of Wall Street.

Kemenangan 12 Years a Slave ini menjadi klimaks acara yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, AS, Minggu (2/3/2014) waktu setempat, atau Senin (3/3/2014) pagi waktu Indonesia.

Sebelumnya, film Gravity yang dibintangi Sandra Bullock sempat mendominasi penghargaan dengan perolehan tujuh piala Oscar, yaitu Best Visual Effects, Sound Editing, Sound Mixing, Cinematography, Film Editing, Original Score, dan Best Directing.

Namun, keperkasaan Gravity di perhelatan Oscar ke-86 ini berhasil dipatahkan 12 Years a Slave setelah aktor kenamaan Will Smith mengumumkan bahwa film yang dibintangi aktor asal Inggris, Chiwetel Ejiofor, tersebut keluar sebagai pemenang Best Picture.

"Teman-teman di belakangku ini adalah faktor keberhasilan ini," kata aktor kawakan asal AS, Brad Pitt, selaku produser film tersebut dalam pidato kemenangannya.

Disutradarai Steve McQueen, 12 Years a Slave merupakan film drama epik yang diproduksi pada 2013. Film ini merupakan adaptasi memoar karya Solomon Northup dengan judul yang sama, yang mengisahkan kehidupan seorang budak kulit hitam yang bekerja di perkebunan negara bagian Louisiana selama 12 tahun sebelum pembebasannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com