Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitaris Terlambat Datang, "Morning Coffee" Pun Lahir

Kompas.com - 09/03/2014, 18:01 WIB
Irfan Maullana

Penulis

TRIBUN JAKARTA/JEPRIMA Syaharani (vokal) dan Didit Saad (gitar) beraksi dalam pertunjukan pada acara peluncuran album ketiga Syaharani and Queenfireworks, Selalu Ada Cinta, di Senayan Golf Driving Range, Jakarta, Sabtu (8/3/2014) pagi.
JAKARTA, KOMPAS.com -- Karya, termasuk lagu, lahir dengan sumber inspirasi dan cara apa saja. Ide vokalis Syaharani mencipta lagu "Morning Coffee" muncul ketika ia bersama rekan-rekannya dalam band Syaharani and Queenfireworks atau ESQI:EF sedang menunggu satu lagi personel grup itu, gitaris Didit Saad, yang datang terlambat untuk berlatih.

"Morning Coffee" merupakan single pertama dari album baru atau ketiga dari ESQI:EF, Selalu Ada Cinta. Suatu ketika, para personel ESQI:EF akan berlatih. Syaharani, Donny Suhendra (gitar), Trias Fajar Anugrah (keyboard), Andy Gomez (piano dan keyboard), Kristian Dharma (bas), dan Sirhan M Bahasuan (drum) sudah berkumpul di sebuah studio latihan di Jakarta. Hanya Didit Saad (gitar) yang belum datang.

Sembari menunggu Didit, para personel lain tersebut memainkan alat musik masing-masing dan menghasilkan sejumlah kord. Syaharani, yang biasa dipanggil Rani, pun terinspirasi untuk membuat lagu dari kord-kord itu.

"Anak-anak itu kalau di studio kan main sendiri sambil nunggu yang lain. Pada saat itu saya mendengarkan beberapa susunan kord yang enak. Saya bilang, 'Coba diulang lagi tadi kalian main apa.' Saat itu juga saya dapat melodi yang enak di tempat latihan," kisah Rani dalam jumpa pers peluncuran album Selalu Ada Cinta, di Senayan Golf Driving Range, Jakarta, Sabtu (8/3/2014) pagi.

"Sampai akhirnya Didit datang, kami tuh coba latihan-latihan, akhirnya terus dipoles sampai dapat liriknya," sambung Rani, yang juga menulis lirik "Morning Coffee".

Rani menjelaskan, "Morning Coffee" dicipta untuk menghargai momen pada pagi hari, ketika seseorang menaruh harapan positif untuk memulai harinya.

"Harapan baru supaya lebih mantap lagi, bukan kopinya," kata Rani lalu tertawa. "Jadi, enggak semata-mata kopi, momen seperti itu bisa kita pakai buat yang positif," katanya lagi.

Aransemen musik "Morning Coffee", rock n' roll berbalut pop, kemudian digarap bersama-sama oleh para personel ESQI:EF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com