Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iis Dahlia dan Keluhan Siswa

Kompas.com - 18/08/2014, 21:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hari belakangan ini penyanyi dangdut Iis Dahlia (42) gusar mendengar keluhan anak sulungnya dan teman-temannya soal banyaknya mata pelajaran bagi siswa. Karena stres, putrinya, Salsabila Juwita, siswa kelas II SMA di Jakarta Selatan, ingin ikut pendidikan di rumah.

Adik Salsabila, Devano (12), siswa kelas II SMP, juga di Jakarta Selatan, mengeluhkan hal senada. Namun, Iis menolak usulan Salsabila untuk sekolah di rumah.

Keluhan kedua anak Iis itu serupa dengan keluhan ribuan siswa SMP dan SMA. Mereka melampiaskan keluhan mereka melalui media sosial.

Iis memperlihatkan salah satu surat berantai soal itu untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

”Kami capek, Pak, dengan Kurikulum 2013 yang memaksa kami menguasai hampir 18 pelajaran. Kami ingin mengejar cita-cita sesuai bakat kami, Pak, bukan cuma mengejar nilai. Kurikulum 2013 kurang fasilitas, tapi siswa dipaksa masuk pukul 06.30, pulang pukul 15.30. Sekarang Sabtu juga masuk sekolah. Lelah fisik? Iya! Capek batin? Iya!” demikian isi surat itu.

”Saya dan kalangan ibu-ibu siswa menganggap menteri pendidikan mau merampas anak-anak dari keluarga dan lingkungan sosialnya. Kalau Sabtu saja masuk (sekolah), terus kapan anak-anak bisa bersosialisasi?” kata pelantun lagu ”Payung Hitam” dan ”Seroja” ini. (WIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com