Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Foto Langka Marilyn Monroe Terjual Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 22/09/2014, 10:55 WIB


KOMPAS.com — Sebuah negatif foto bintang film legendaris Marilyn Monroe dari pemotretan profesional pertamanya ketika dia berusia 20 tahun telah terjual di rumah lelang.

Foto langka itu diabadikan ketika Marilyn Monroe masih menggunakan nama aslinya, yaitu Norma Jeane Baker. Saat itu, ia masih berstatus sebagai pekerja pabrik yang ingin menjadi model.

Bersama negatif foto dan hak ciptanya, foto hitam-putih tersebut terjual 4.250 poundsterling atau sekitar Rp 84 juta (1 poundsterling setara Rp 19.655). Semula benda tersebut ditargetkan terjual antara 5.000 poundsterling dan 8.000 poundsterling.

Penanggung jawab proses pelelangan foto Marilyn Monroe, Andrew Aldridge, mengatakan, dirinya cukup gembira atas hasil lelang tersebut.

Aldridge, dari rumah lelang Henry Aldridge and Sons di Devizes, Wiltshire, Inggris, mengatakan, "Ini adalah barangyang sangat tidak biasa karena mencakup hak cipta, dan bukan sekadar menjual fisik barangnya."

Pabrik amunisi

Pada tahun 1946, Norma Jeane Baker, yang bekerja di sebuah pabrik amunisi, bertemu seorang fotografer kemiliteran yang mengatakan bahwa dia berbakat menjadi model.

Dia lantas mendekati agen model Hollywood, Blue Book, dan fotografer Joseph Jasgur, yang kemudian ketiganya terlibat proyek pemotretan profesional pertamanya.

Foto yang dilelang ini diabadikan di Pantai Zuma di Malibu, Amerika Serikat. 

Foto-foto Norma Jeane Baker yang diabadikan Jasgur menjadi terkenal dan membantu melambungkan nama perempuan itu kemudian dia berubah menjadi Marilyn Monroe.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com