Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tukang Jagal" dari Thailand Bikin Pilu Campur Merinding

Kompas.com - 18/10/2014, 17:41 WIB
Irfan Maullana

Penulis

KUTA, KOMPAS.com -- Film The Last Executioner dari Thailand merupakan salah satu film yang diputar dalam Bali International Film Festival (Balinale) 2014 atau 8th Annual Balinale di Studio 1 Cinema XXI, Beachwalk Mall, Kuta, Bali, Jumat (17/10/2014). Film itu mengisahkan hidup seorang petugas eksekusi atas para terpidana mati di penjara bernama Bang Kwan Central Prison di Thailand.

Film yang dirilis pada 8 Agustus 2014 tersebut bercerita tentang Chavoret Jaruboon alias Chow, yang dikenal sebagai "tukang jagal" para penghuni Bang Kwan Central Prison yang dijatuhi hukuman mati.

Dalam durasi 95 menit, film yang disutradarai oleh Tom Waller, yang berdarah Thailand-Irlandia, itu mampu mencampur aduk perasaan para penonton. Pilu, bergidik, dan lain-lain. Bagaimana tidak, film dengan alur maju dan mundur tersebut kerap menampilkan bagaimana ekspresi para terpidana mati menghadapi detik-detik terakhir hidup mereka. Mereka terikat pasrah di palang kayu dengan membelakangi moncong senapan api berpeluru tajam.

Seiring dengan itu, para penonton juga dibawa untuk ikut merasakan dilema yang dialami oleh Chow selama 35 tahun menjadi "tukang jagal" yang telah menghabisi 55 nyawa dan kekhawatiran Chow akan karma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com