Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenny G: Saksofon untuk Demonstran

Kompas.com - 23/10/2014, 19:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain saksofon Kenny G ikut turun ke jalan memberikan dukungan kepada para demonstran pro demokrasi di Hongkong. ”Saya berharap semua tetap dalam keadaan damai dan mendapatkan solusi terbaik atas masalah ini,” tulis Kenny G dalam akun resminya di Twitter.

Pemilik nama asli Kenny Gorelick ini mengonfirmasi bahwa dia telah mengunjungi Hongkong setelah fotonya di tengah para demonstran muncul di Twitter. Karya-karya Kenny G sangat dikenal luas di Tiongkok meski negara ini masih setengah tertutup dengan hal-hal berbau asing. Bulan lalu, Kenny G empat kali menggelar konser di Tiongkok, termasuk di Beijing.

Demonstran telah selama satu bulan turun ke jalan di daerah bekas koloni Inggris ini untuk meminta penerapan demokrasi yang lebih luas. Hongkong yang semula di bawah kekuasaan Inggris dikembalikan kepada otoritas Tiongkok pada 1997.

Kemunculan Kenny G di tengah para demonstran mengundang reaksi Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Kemenlu Tiongkok menyatakan tidak puas dengan apa yang mereka sebut sebagai campur tangan asing dalam persoalan dalam negeri Tiongkok. Kemenlu Tiongkok tidak tahu detail soal kedatangan Kenny G bersama demonstran.

”Karya Kenny G memang sangat dikenal di Tiongkok. Namun, sikap Tiongkok terhadap demonstran sudah jelas. Kegiatan mereka ilegal,” kata juru bicara Kemenlu Tiongkok, Hua Chunying, seperti dikutip Reuters.

Hua berharap pemerintah dan warga asing berbicara dan bertindak hati-hati serta tidak mendukung aksi demonstrasi serta segala aktivitas ilegal lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Tiongkok menjadi tuan rumah konser penyanyi dunia, termasuk Kenny G, Rolling Stone, dan James Brown. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com