Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembak Jitu Bidik Best Picture Oscar 2015

Kompas.com - 20/02/2015, 23:04 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Film American Sniper yang dinominasikan ke dalam kategori Best Picture atau Film Terbaik versi Academy Award atau Piala Oscar 2015, bakal bersaing ketat dengan tujuh nomine lainnya, yaitu Birdman, The Imitation Game, Boyhood, Selma, The Grand Budapest Hotel, The Theory of Everything, dan Whiplash.  

Berikut ulasan mengenai American Sniper sebelum pemenang penghargaan kategori Best Picture diumumkan di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California, AS, yang disiarkan jaringan televisi ABC pada Minggu (22/2/2015) waktu setempat, atau Senin (23/2/2015) mulai pukul 05.00 WIB nanti.


 
American Sniper merupakan film biopik drama peperangan yang diangkat dari kisah nyata seorang US Navy SEAL bernama Chris Kyle yang bertugas di Irak setelah serangan 11 September 2001. Nama Kyle sangat melegenda karena dikenal telah membunuh banyak orang dengan senapannya.

American Sniper disutradarai aktor legendaris Clint Eastwood yang naskahnya ditulis Jason Hall berdasarkan buku biografi American Sniper: The Autobiography of the Most Lethal Sniper in U.S. Military History (2012) karya Chris Kyle, bersama Scott McEwen dan Jim DeFelice.

Film ini dibintangi aktor Bradley Cooper yang berperan sebagai Kyle dan Sienna Miller sebagai Taya, yang didukung oleh artis peran Luke Grimes, Kyle Gallner, Sam Jaeger, Jake McDorman, dan Cory Hardrict sebagai pemeran pembantu.

Kisah penembak jitu ini dirilis secara terbatas pada 11 November 2014 di American Film Institute's Festival dan diputar secara global pada 16 Januari 2015 dengan total biaya produksi 58,8 juta dollar AS, serta penghasilan sebesar 395,4 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com