Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Tuan Rumah Adu Kuat dengan Incognito di Java Jazz

Kompas.com - 08/03/2015, 13:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Antrean penonton hingga mengular terjadi hampir di setiap panggung Jakarta International Java Jazz Festival (Java Jazz) 2015, yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2015). Sebagai tuan rumah, artis-artis dalam negeri mulai Reza Artamevia, Afgan, Tulus, Tohpati, Mocca, hingga Kahitna, saling adu kuat dengan grup jazz dari Inggris, Incognito, untuk jumlah penonton yang menyaksikan pertunjukan mereka.

Kepadatan mulai terjadi saat vokalis Reza Artamevia manggung di A2 BNI Hall pukul 17.30 - 18.45 WIB. Penonton enggan beranjak dari ruang konser untuk mengamankan posisi mereka sebelum vokalis bersuara merdu Tulus tampil di A3 BNI pukul 18.45 - 20.00 WIB.

Kendati penampilan Reza diantre mereka yang rindu mendengar nyanyiannya, di satu sisi kepadatan juga terjadi saat komposer, aranjer, sekaligus gitaris Tohpati manggung di C2 Brava Radio Hall pukul 18.45 - 20.00 WIB.

Setelah itu, hampir setengah dari penonton Tohpati bergeser ke D1 Simpati Hall untuk menikmati penampilan vokalis Afgan Syahreza yang kebagian manggung pukul 20.45 - 22.00 WIB. Tak jarang terjadi letupan emosi antar sesama penonton yang saling berdesakan, atau antara penonton dengan petugas keamaan. Hal ini terjadi ketika grup band Mocca manggung di B1 MLD Spot Hall pukul 21.30 - 22.30 WIB.

Jumlah penonton Mocca melebihi kapasitas ruangan, sementara ratusan lainnya tertahan petugas keamanan yang berusaha mengatur jumlah penonton yang masuk dan keluar ruangan demi menghindari hal yang tak diinginkan. Namun, mereka yang tak sabar mengantre justru meminta agar petugas keamanan segera membuka pintu kaca B1 MLD Spot Hall. "Buka... buka, kita kan sudah beli tiket," teriak seorang penonton.

Bagi penonton yang sudah ada di dalam, mereka dimanjakan dengan lagu-lagu pop, swing, dan jazz dari band asal Bandung tersebut. "Berikutnya Mocca akan menyanyikan lagu yang berbahasa Indonesia. Di sini siapa yang anak kos?" kata vokalis Mocca, Arina Ephipania sebelum berkolaborasi menyanyikan "Hanya Satu" dengan pemain gitar akustik Indra Kusuma.

Lagu populer "I Remember" dan "Stars in Your Eyes" juga ikut dikolaborasikan Mocca dan Indra.

Di luar panggung Mocca, terjadi antrean panjang di dua tempat. Grup band Kahitna yang tampil di A2 BNI Hall pukul 22.30 - 23.45 WIB tetap menjadi magnet Java Jazz kendati proyek musik musisi dunia Chaka Khan featuring Incognito menjadi artis yang paling ditunggu aksinya di D2 Main Stage pukul 22.00 - 23.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com