Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdee Negara: Saya Cuti dari Slank, karena Sakit Gagal Ginjal

Kompas.com - 22/03/2015, 15:21 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berkait dengan kabar beredar yang menyebut bahwa ia tak lagi menjadi bagian dari band Slank, gitaris Abdee Negara (46) akhirnya menyatakan bahwa ia tidak keluar dari grup yang telah diperkuatnya sejak 1997 itu.

"Kami (Slank) sudah lama ingin meluruskan berita yang beredar bahwa saya keluar dari Slank. Saya enggak keluar dari Slank. Yang benar, saya cuti, istirahat, untuk waktu sekitar delapan bulan sampai setahun," kata Abdee dalam jumpa pers bersama rekan-rekan Slank-nya di pusat kegiatan mereka, Jalan Potlot III No 14, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Minggu (22/3/2015) siang.

Pria kelahiran Donggala, Sulawesi Selatan, ini juga mengungkapkan, ia cuti karena menderita gagal ginjal sejak empat setengah tahun.

"Saya istirahat dengan alasan sakit, butuh waktu untuk istirahat. Sudah empat setengah tahun divonis gagal ginjal oleh dokter, sudah stadium akhir, fungsi ginjal ketika itu sudah di bawah 12 persen," kata Abdee lagi.

Abdee menerangkan pula upayanya dalam mengatasi penyakitnya itu.

"Awalnya, saya diet keras dan melakukan beberapa pengobatan, tapi kondisi semakin memburuk. Selama empat setengah tahun berjuang lebih keras menghadapi penyakit itu, saat ini fungsi ginjal sudah jadi tiga persen. Secara mental, saya masih sehat, tetapi fisik enggak sanggup. Saya harus cuci darah dua kali seminggu. Ada kemungkinan transplantasi (cangkok ginjal), tetapi butuh observasi dulu, maka saya membutuhkan istirahat. Waktu buat manggung dengan Slank juga tidak memungkinkan. Lebih baik saya istirahat dulu, walaupun saya sendiri pengin terus," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com