Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raditya Dika Ingin Pembaca Novelnya Naik Kelas

Kompas.com - 01/04/2015, 10:26 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah sukses menjadi komika, penulis novel, penulis skenario film, hingga bintang film, Raditya Dika memiliki program untuk menginspirasi agar pembaca novelnya bisa naik kelas menjadi penulis.

"Gue mau tahun ini pembaca buku gue jadi penulis," kata Radit ketika ditemui di acara peluncuran produk Calpico Frezz Airman Lounge, Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (31/3/2015) .

Penulis novel laris Kambing Jantan tersebut dengan senang hati akan membantu mereka yang ingin naik kelas. Caranya, Radit sengaja menyaring 20 pembaca karyanya yang memiliki kegemaran menulis. Setelah itu bintang Malam Minggu Miko ini membuka kelas menulis.

"Kami ketemu secara terjadwal, sharing, gue ajarin, dan gratis. Itu usaha gue untuk membuat pembaca jadi penulis," jelas Radit.

Menurut Radit, saat ini Indonesia sedang krisis penulis, terutama penulis skenario. "Orang mau bikin program TV aja, susah banget nyari penulis yang bisa masuk ke tim. Akhirnya nulis sendiri. Makanya, gue bikin program itu (pembaca jadi penulis) aja biar orang terinspirasi buat nulis. Tujuan aku cuma ngajarin aja," katanya.

Radit menambahkan, penting bagi penulis untuk menguasai kejernihan cerita. Menurutnya, masih banyak penulis yang terjebak dengan alur cerita yang berputar-putar. "Pokoknya bisa dasarnya aja dulu," pesan Radit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com