Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcellino Lefrandt: Anak Indonesia Harus Punya "Superhero" Baru

Kompas.com - 22/04/2015, 16:01 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Di tengah gempuransuperhero luar negeri yang banyak diidolakan oleh anak-anak Indonesia, artis peran, dosen, dan juga penulis komik Marcellino Victor John Lefrandt (40) atau Marcellino Lefrandt, merasa prihatin dengan anak zaman sekarang yang tak memiliki superhero dari negerinya sendiri.

"Anak Indonesia harus punya superhero baru karena jujur saja, hari ini mereka tidak punya. Tidak seperti saya dulu, pas saya kecil saya punya Superman dari luar negeri dan Gundala dari dalam negeri. Hari ini anak Indonesia enggak punya yang dari dalam negeri. Anak-anak Indonesia sekarang terbiasa dengan image superhero seperti dalam Avengers, Superman, Batman, dan lain-lain," tutur Marcellino dalam wawancara di acara gala premier film Avengers: Age of Ultron di Gandaria City XXI, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015) malam.

"Kita perlu superhero dengan pakem yang umum," tambahnya.

Karena itu, Suami artis peran Dewi Rezer tersebut memilih untuk membuat komik bertema superhero lokal demi membuat anak di Tanah Air memiliki jagoan baru dari negerinya sendiri. "Komik saya nama superhero-nya Volt, sudah terbit dan ada di toko buku Gramedia. Sampai saat ini, sudah masuk seri kesembilan dan siap cetak," ujar Marcellino

Untuk komik Volt, Marcellino mengangkat kisah tentang mitologi Indonesia kuno yang ia kombinasikan dengan cerita rakyat dan pewayangan. "Itu (komik Volt) menceritakan tentang mitologi yang ada di Indonesia dan memang superhero-nya dari Indonesia. Saya mengambil cerita mitologi masa lalu dan bahkan ada yang menyentuh cerita rakyat dan wayang juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com